Headline News

header-int

2018, Pemerintah Nagari Lagan Hilir Punggasan Bangun Jalan Kelompok Tani

Jumat, 19 Januari 2018, 08:31:33 WIB - 797 | Kontributor : Okis Mardiansyah
2018, Pemerintah Nagari Lagan Hilir Punggasan Bangun Jalan Kelompok Tani

PAINAN - Demi mewujudkan keinginan masyarakat agar bisa hidup secara normal, Pemerintah Nagari (Pemnag) Lagan Hilir Punggasan, Kecamatan Linggosaribaganti, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), bertekad untuk mewujudkan pembangunan jalan nagari hingga kepelosok kampung di daerah itu. Sebab, sesuai nawacita Presiden RI Jokowi membangun Indonesia harus dimulai dari daerah terpencil agar masyarakat diberi kemudahan untuk meningkatkan ekonomi.

Harapan itu dibuktikan, Walinagari Lagan Hilir Punggasan, Arpen, pada tahun 2017 dengan penerimaan alokasi Angggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) sekitar Rp 1,3 Miliar, yang mana sekitar Rp 700 juta lebih anggaran tersebut, terkuras untuk pembangunan sejumlah infrastruktur di nagari tersebut. 

"Ada sekitar 700 juta lebih anggaran yang kita peruntukan untuk pembangunan infrastruktur dan fisik di Nagari Lagan Hilir Punggasan, seperti pengerasan jalan dan timbunan koral, pemasangan tanggul penahan tanah (TPT) parit miring di Bukit Lipai sekitar 800 meter, Bukit Cubadak sekitar 750 meter dan Bukit Lintang sekitar 2 Km. Selain itu, pembangunan jembatan gantung di Bukit Putus dalam dan peremajaan Sekolah PAUD," jelasnya kepada pesisirselatankab.go.id. Kamis (18/1).

Lebih lanjut kata dia, demi menciptakan sistem keamanan dan ketertiban lingkungan (Siskamling) di Kenagarian Lagan Hilir Punggasan, juga didirikan dua unit pos ronda di Kampung Dusun Langsano dan Bukit Cubadak dengan anggaran sekitar Rp 40 juta. Serta memberikan pemberdayaan kepada masyarakat dibidang kesenian dan budaya serta agama, seperti menghidupkan kembali budaya turun ke surau TPA/TPSA dan tradisi randai. 

"Di era sekarang ini, kesadaran masyarakat menjaga kampung halaman dan ikut melestarikan tradisi daerah sangat perlu kita terapkan. Sebab, merupakan potensi dalam menumbuh kembangkan sikap mental anak, kepekaan dan daya tanggap setiap masyarakat demi menciptakan kondisi yanh tertib disetiap lingkungan," sebutnya.

Dikatakannya, program tahun 2018 yang telah disesuaikan dengan rencana kerja pemerintah (RKP) Nagari Lagan Hilir Punggasan, pihaknya tetap fokus kepada pembangunan sejumlah ruas jalan baru yang dapat menghubungkan antar kampung di daerah itu.

Menurutnya akan dilaksanakan pembangunan jalan usaha tani di Bukit Putus dalam sepanjang 1,4 Km, rebab beton sepanjang 500 meter di Kampung Parak Pisang dan Kampung Panyawik sekitar 200 meter. Serta pengadaan lapangan bola kaki di Bukit Cubadak.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube