Headline News

header-int

25-1-2018 : Mandeh, Laksana Sorga Tersembunyi

Kamis, 25 Januari 2018, 14:40:25 WIB - 695 | Kontributor :

Hari ini, tak ada orang di Sumatera Barat, yang tak kenal dengan Kawasan Mandeh. Bahkan, barangkali, juga sebagian masyarakat Indonesia. Semuanya ingin ke Mandeh. Belum ke Sumatera Barat, jika belum ke Mandeh. Tak jauh memang dari Padang. Hanya sekitar 45 km dari Padang, belok ke kanan di Tarusan sebelum sampai di Painan. Jalan negara yang mulus dan berliku diiringi pemandangan hijau yang menyegarkan. Satu jam 25 menit telah sampai di Puncak Mandeh dari Padang.

Puaskan mata anda di Puncak Mandeh. Banyak pulau di Teluk Mandeh dengan berbagai aktivitas yang eksotik. Berenang di Pulau Setan, dengan pantai landai dan laut yang jernih. Berlayar ke Pulau Sironjong Ketek untuk menikmati cliff jumping atau loncat dari tebing karang ke laut, sekedar menguji nyali dari ketinggian ke laut dalam. Berfoto dan selfi di Pulau Taraju. Untuk bersih bersih badan setelah mandi dan aktivitas lainnya, naik perahu di sela hijaunya Mangrove dan hutan bakau menuju air terjun sungai gemuruh. Berenang air tawar nan bersih dari sumber mata air.

Ketika mentari mulai menyelinap di antara gemuruh gelombang laut, kita bisa berlayar sejenak ke Sungai Nyalo, untuk menikmati sore sambil menyaksikan gerombolan kerbau berenang mengarungi laut pulang ke kandangnya. Barisan kerbau, dan posisi kerbau dewasa dalam melindungi anak-anaknya menyeberang laut akan menambah kekaguman kita kepada setiap ciptaan Tuhan. Jika malam datang, kita dapat menatap keheningan langit dan bintang bintang di Pulau Cubadak, atau di Teluk Mandeh sambil menikmati riak laut di atas penginapan apung.

Kalau mau bercengkrama bersama masyarakat, dapat bermalam di sungai Nyalo dengan biaya yang relatif terjangkau dalam budaya masyarakat setempat. Bersih dan enjoy. Besoknya, ketika fajar di ufuk timur, dan matahari mulai menghangatkan udara Sungai Nyalo, kita dapat menyelam sambil menyaksikan sejarah masa lalu.

 Pada koordinat 01 12’03,7’’ LS dan 100 25’30.3’’BT silakan menyelam hingga ke-dalaman 17-20 meter akan menyaksikan bekas Kapal Belanda yang ditembak Jepang dalam Perang Dunia ke II, yakni kapal MV Boelongan Nederland. Konon, kapal ini lagi membawa hasil bumi, seperi emas dari Salido dan rempah ke negeri Belanda. Itulah sekilas tentang Mandeh dan sekitarnya. Silakan menikmati Sorga yang sudah diperlihatkan Tuhan di bumi ini. Wass...

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube