Headline News

header-int

8. Sumarak Ramadhan Di Nagari

Senin, 28 Mei 2018, 13:13:54 WIB - 529 | Kontributor :

Ramadhan kali ini sangat sumarak dan meriah di nagari-nagari. Berbagai kegiatan diadakan oleh masyarakat nagari. Tadarus malam, sholat berjamaah baik sunat maupun wajib. Beramai-ramai datang ke mesjid dan mushalla. Suasana nagari pun sangat meriah. Lampu-lampu menerangi kampung-kampung. Semuanya mengejar mendapatkan keistimewaan dan kemuliaan ramadhan. Jubah baru, sarung baru, sajadah baru menghiasi mesjid dan kampung-kampung di sepanjang Kabupaten Pesisir Selatan.

Memang, ramadhan merupakan momen yang didalamnya Allah SWT melimpahkan segala anugerah, berkah, rahmat, hidayah, inayah, dan magrifahnya kepada umat islam sebagai bonus pahala tahunan dengan ganjaran nilai kebaikan yang sangat berlipat ganda.  Itulah sebabnya, ramadhan disebut sebagai bulan penuh berkah dan sejaligus merupakan bulan suci tang penuh kemuliaan bagi umat islam.

Bulan suci ramadhan mempunyai nilai-nilai keutamaan dibandingkan dengan dengan bulan qamariah lainnya. Pertama, ramadhan merupakan bulan diturunkannya Al-Quran. Sebagai kitab suci umat Muslim, Al-Quran mempunyai tiga fungsi penting, yakni sebagai petunjuk cara melakukan hubungan dengan Allah dan hubungan antar umat (hablun minannas), sebagai penjelas dan pemberi keterangan, dan pembeda yang baik dan yang bathil.

Pada malam-malam Ramadhan semua kebaikan begitu mudah di nagari-nagari. Masyarakat di nagari, yang disentakkan oleh panggilan Allah ( Al-Quran : 183) “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”, menjadi orang yang pemurah, baik, santun, rajin ke mesjid, murah senyum. Lantunan irama Alquran terdengar menyejutkan pada  509 mesjid dan 740 mosholla.

Kedua, Ramadhan merupakan moment yang didalamnya terdapat Lailatulkadar/malam kemuliaan sebagaimana dijanjikan Allah dalam al-Quran Surat Al-Qadr ayat 1-5. Pada moment ini Allah melipatgandakan amal ibadah hambaNYA dengan bonus pahala berlipat ganda.   Alhamdulillah hingga malam yang ke 16 atau ke 17 ini masyarakat masih meramaikan mesjid dan musholla di berbagai pelosok nagari.

Ketiga, Tuhan menjamin akan menghapus dosa-dosa yang telah lalu bagi hambaNya yang mengamalkan puasa sesuai yang diperintahkan Allah, ihklas, baik, dan benar. Hal ini sesuai dengan  Sunnah Nabi : Barang siapa yang mengamalkan puasa Ramadhan dengan iman yang mantap dan semata-mata mengharapkan keridhoaan Allah, maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.

Tak heran semarak Ramadhan di nagari begitu terasa. Begitu diyakini. Begitu diagungkan, sebagai moment proses pembentukan jiwa dan krakter yang luar biasa dan merupakan waktu bertobat yang paling sempurna. Selamat berbuka puasa.....  

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube