Headline News

header-int

9-2-2018 : Silat Buayo, silat pesisir yang disegani

Selasa, 09 Feb 2018, 08:34:45 WIB - 71 | Ir. Erizon, M.T

Silat buayo, atau dalam beberapa hal sering juga dikenal sebagai silat buayo lalok, telah dikenal di kalangan dunia persilatan sebagai silat yang yang hebat dari Pesisir Selatan. Gerak langkahnya rendah dan pelan, penuh kesabaran, tapi hempasan serta sembainya luar biasa kuat. Jurus jurusnya menyerupai gerakan buayo. Makin bergerak lawan makin dijepit. Teknik jatuhnya diiringai dengan teknik tendangan bawah yang tepat. Pesilat buayo menunggu serangan dalam posisi di bawah, dan tumpuan tangan dan kaki yang kuat. Tendangannya bertubi tubi ke arah rusuk lawan dengan posisi tangan bertumpu di lantai.

Silat buaya disegani dikalangan silat tuo, sama dengan silat kumango, atau silat harimau kumbang dari dataran tinggi minangkabau. Begitu hebatnya silat buaya, sempat digambarkan dalam cerita bersambung “Harimau tambun Tulang” atau Giring Giring Perak oleh Makmur Hendrik. Hanya Datuk Nago dari Pesisir Selatan, pesilat hebat dengan jurus buayo lalok yang mampu mengalahkan Datuk Gampo Bumi, seorang perampok ulung dari gerombolan di Bukit Tambun Tulang, dengan dipimpin “Harimau Tambun Tulang”.

Konon ketika itu sedang terjadi pertemuan para tuo silek di pariangan, dan pertemuan itu diganggu oleh gerombolan anak buah Harimau Tambun Tulang. Banyak tua silek yang sudah jadi kurban, dan datuk Nago dengan jurus buayonya mampu memberikan perlawanan yang luar biasa. “tendangan kaki datuk nago, lebih banyak dalam bentuk berputar. Libasan tangannya dan kakinya mirip libasan ekor buayo. Inilah jurus asli silat buayo yang terkenal itu. Gerakan dan libasan tangannya sangat cepat sehingga sulit ditangkap mata. Tangannya tidak meninju seperti gerakan silat lainnya, tapi lebih banyak menghantam dengan punggung tangan yang terbuka. Akhirnya dapat membunuh Datul Gampo Bumi. Konon Datuk Nago berasal dari pantai Painan..

Tapi hari ini tak seberapa diantara kita yang tahu dengan silat buayo. Bahkan barangkali tak adalagi guru besar yang bisa memperlihatkan gerak silat buaya kepada kita semua. Silat buayo adalah silat yang mengandalkan kesabaran, kematangan emosional, dan sekaligus sifat rendah hati yang luar biasa. Mari kita bangkitkan lagi, sasaran silek di setiap nagari, untuk memelihara kekayaan Pesisir Selatan yang tiada taranya itu....

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube