Headline News

header-int

Arak-arak Piala Adipura Disambut Antusias Masyarakat Hingga Silaut Pesisir Selatan

Jumat, 18 Jan 2019, 18:16:07 WIB - 58 | Kiki Julnasri Priatama
Arak-arak Piala Adipura Disambut Antusias Masyarakat Hingga Silaut Pesisir Selatan

Pesisir Selatan, 18/1/2019-- Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni kampanyekan pentingnya hidup sehat dan menjaga lingkungan bersih, dengan mengarak penghargaan Piala Adipura ke ujung selatan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat selama 10 jam perjalanan dari Kota Painan, Jumat (18/1).

Untuk hari pertama sebelumnya, Bupati Pesisir Selatan bersama rombongan telah mengarak Piala Adipura yang diraih dari Bandara International Minangkabau (BIM) sampai Painan. Tepat pada Jumat, Bupati Pesisir Selatan dan rombongan kembali mengarak Piala Adipura, khusus wilayah bagian selatan daerah ini dengan lama perjalanan 10 jam jarak tempuh, hingga ujung selatan daerah setempat, tepatnya di Kecamatan Silaut.

Pantauan di lapangan, arak-arakan Piala Adipura yang digelar Pemkab setempat, tampak mengundang antusias masyarakat. Terlihat disepanjang jalan, daerah yang dilalui rombongan ini mendapat sambutan meriah dari masyarakat setempat.

Sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB dari Painan, finish di Kantor Camat Silaut, bagian ujung selatan daerah ini. Lamanya waktu perjalanan, tidak membuat Bupati Hendrajoni penak, iringan sorakan ribuan siswa mulai SD, SMP dan SMA membangkitkan semangat, hingga sampai difinish arak-arakan yakni, Kecamatan Silaut.

"Hari Senin kemarin setelah kita langsung mengaraknya dari BIM sampai Painan. Hari ini (Jumat) kembali kita arak sampai ujung selatan Pesisir Selatan, sebagai dedikasi bahwa penghargaan ini adalah hadiah kita bersama," sebut Bupati Hendrajoni disela arak-arakan Piala Adipura saat itu.

Tepat di setiap kecamatan yang disinggahi, yakni diantaranya Kecamatan Lengayang, Linggosari Baganti, BAB Tapan hingga Silaut rombongan bupati disambut antusias masyarakat. Bahkan, hingga sore sampai di Kantor Camat Silaut warga masih ramai menyaksikan arak-arakan tersebut.

Suasana ini tampak seperti acara akbar, puluhan mobil plat merah beiring-iringi mewarnai arakan piala Adipura. Tidak ketinggalan saat itu, ikut serta hadir Ketua DPRD Pesisir Selatan Dedi Rahmanto Putra, Sekda Pesisir Selatan Erizon dan Ketua TP-PKK Pesisir Selatan Lisda Hendrajoni.

"Lingkungan yang bersih akan menjadikan masyarakat lebih sehat. Sehingga kita harus optimis dengan hasil ini (penghargaan Adipura), kita harus selalu mewujudkan lingkungan yang bersih dan mempertahankan hasil ini di tahun 2019," sebut Bupati.

Hari ini, kata Hendrajoni merupakan hari yang bersejarah untuk Pesisir Selatan, setelah dua kali berturut-turut meraih penghargaan Piala Adipura. Dan pertamakali, pula perayaan penghargaan tersebut digelar hingga ujung selatan daerah tersebut.

Hendrajoni menginginkan, hasil Piala Adipura yang diraih itu, bisa mengedukasi masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan. Tentu, sebagai upaya dalam mendukung pemerintah  untuk kemajuan daerah.

"Arak-arakan ini bagian dari sosialisasi dalam mewujudkan lingkungan bersih. Jadi kita harus selalu menjaga lingkungan kita, kapan-pun dan di mana untuk Pesisir Selatan yang lebih baik,"jelasnya.

Sebagai Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni sangat merasa bangga dan menyampaikan terima kasih dengan antusiasnya masyarakat menanti dan menyambut momen tersebut. 

"Penghargaan ini adalah tanda bukti kepercayaan Pemerintah pusat untuk daerah kita. Dan kami bangga dengan masyarakat Pesisir Selatan, semoga kita bisa terus berbenah mempertahankan hasil ini," ucapnya.

Diketahui, Penghargaan ini langsung diserahkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan diterima Bupati Hendrajoni, di Jakarta, Senin 14 Januari 2019 lalu.

Piala Adipura merupakan kategori kota sedang yang berhasil mengelola kebersihan dan lingkungan perkotaan yang dinilai Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sebelumnya, penghargaan ini juga sudah diarak dari Bandara Internasional Minangkabau, melewati Kota Padang hingga sampai ke Kota Painan Pesisir Selatan. Sesampai di Kota Painan, tepatnya di Kantor Bupati Pesisir Selatan dengan rasa bangga terhadap prestasi yang diraih Pemkab menggelar penyambutan yang meriah di daerah setempat.(08)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube