Headline News

header-int

Bamus Harus Dukung Program Nagari

Kamis, 07 Des 2017, 14:13:50 WIB - 98

 

Painan,7 Desember---Bamus merupakan lembaga legislatif yang kedudukanya sejajar dengan wali nagari, dan saling berkerja sama  dalam membangun nagari, sekaligus bisa bersinergi bersama wali nagari untuk bersama-sama menetapkan/mengawasi peraturan nagari dan  pembelanjaan nagari secara transparansi.

"Antara Wali Nagari dan Bamus Harus "Saiyo Sakato Untuk Nagari ,Walau Bamus secara usia banyak yang tua dari Wali Nagari, tetap saling harga menghargai karena kita hidup di Nagari.Bekerjalah baik, karena anggaran Nagari yang sangat besar, ada ide dan gagasan untuk  Nagari,"kata Hendrajoni  

Menurutnya Bamus dituntut untuk menjadi tauladan oleh masyarakat dan mempertahankan marwah lembaga Bamus itu sendiri,  setelah pelantikan ini Bamus  mempunyai tanggung jawab yang cukup besar, melakukan sidang pertama untuk memilih ketua dan wakil ketua, setelah itu mempersiapkan pemilihan wali nagari yang definitif" ujarnya

Anggota Bamus segera mempersiapkan dalam jangka satu bulan ini untuk melakukan pemilihan wali nagari defenitif,karena sangat penting  peranan Bamus dalam menyukseskan pembangunan serta mengetahui potensi apa yang ada di nagarinya, sekaligus harus bisa menyaring informasi-informasi di tengah masyarakat diharapkan Bamus bisa bekerja dengan maksimal.Dan bisa membawa perubahan yang lebih baik  kedepan untuk di setiap nagari-nagari.

Lebih lanjut Hendrajoni menyampaikan Kapasitas penyelengaraan pemerintahan nagari harus ditingkatkan. Karena dalam menjalankan pelayanan publik kepada masyarakat terkadang banyak ditemukan kendala yang mengakibatkan timbul permasalahan yang seharusnya tidak mesti terjadi jika walinagari mengerti tugas dan kewenangannya.

Walinagari dan bamus mesti memahami tugas dan fungsi serta wewenangnya masing masing.Selanjutnya mampu menata aparatur pemerintahan nagari sesuai ketentuan.setiap walinagari dan Bamus dituntut menjadi motivator dan membina masyarakat dalam rangka mensukseskan program dan kegiatan pembangunan di nagari.(07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2017 Dinas Komunikasi dan Informatika. Follow Me : Facebook Youtube