Headline News

header-int

Bapedalitbang dan DPMDP2KB Gelar Rapat Integrasi Pembangunan Nagari

Jumat, 12 Okt 2018, 09:18:33 WIB - 73 | Marlison
Bapedalitbang dan DPMDP2KB Gelar Rapat Integrasi Pembangunan Nagari

PESISIR SELATAN, 12/10/2018-Bapedalitbang bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDP2KB) Kabupaten Pesisir Selatan menggelar rapat integrasi perencanaan pembangunan nagari dalam rangka sinergi percepatan pembangunan kawasan perdesaan di gedung pertemuan Bapedalitbang setempat, Kamis (11/10).

Pembukaan dan arahan dari Kepala Bapedalitbang, Yozki Wandri dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pesisir Selatan, Hamdi. Rapat itu juga  dihadiri oleh perangkat daerah terkait, camat, TA P3MD, PD Kabupaten Pesisir Selatan.

Kepala Bapedalitbang Kabupaten Pesisir Selatan, Yozki Wandri mejelaskan, sinergitas perencanaan dan penganggaran pembangunan nagari, pembangunan kawasan perdesaan dan pembangunan prioritas sektoral lainnya adalah satu kesatuan yang tidak dipisahkan dalam upaya untuk mendukung pembangunan nagari, pertumbuhan ekonomi skala nagari, kawasan dan daerah.

Dalam hal ini, seluruh perangkat daerah terkait mesti bersinergi dan saling berkoordinasi, sehingga pembangunan nagari dan kawasan perdesaan dapat dilakukan secara maksimal untuk meningkatkan kesejahteraaan masyarakat, ucapnya.

Sementara Kepala Dinas Pembedayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Pesisir Selatan, Hamdi menyebutkan, sinergi pembangunan nagari dan kawasan perdesaan itu dimulai dari perencanaan dan penganggaran, pelaksanaan dan pengendalian pembangunan, pengembangan potensi dan produk unggulan nagari dan kawasan.

Dalam hal ini sangat dibutuhkan penguatan peran kelembagaan pemerintahan, masyarakat, kelembagaan ekonomi dan lainnya. Lalu, pembangunan dan peningkatan pelayanan sosial dasar masyarakat harus menjadi perhatian utama.

Sedangkan yang terkait dengan penguatan peran pendampingan dan fasilitasi difokuskan pada penerapan teknologi dan inovasi pembangunan, membangun kemitraan dan kerjasama. "Kita akan selalu bersinergi dengan perangkat daerah terkait dan stakeholder lainnya dalam memacu pembangunan nagari kedepan," tegasnya. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube