Headline News

header-int

Baznas Pessel Salurkan Beasiswa Kepada 399 Siswa

Jumat, 12 Okt 2018, 10:27:02 WIB - 177 | Okis Mardiansyah
Baznas Pessel Salurkan Beasiswa Kepada 399 Siswa

Pesisir Selatan - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Kabupaten Pesisir Selatan, kembali serahkan Beasiswa kepada kepada 399 orang siswa kurang mampu di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) daerah setempat.

Kepala Baznas Pessel, Yuspardi mengatakan, kegiatan itu sebagai bentuk kepedulian umat dalam menunaikan tanggung jawab sebagai seorang muslim untuk kaum Muzaqi atau yang wajib menerima bantuan beasiswa tersebut.

"Bantuan beasiswa ini merupakan program Baznas Pesisir Selatan cerdas. Kali ini berjumlah sebanyak 399 orang siswa yang menerima bantuan beasiswa dilingkungan Kemenag Pessel, terdiri dari MDA, MTSN dan MA," katanya, usai menyerahkan bantuan beasiswa secara simbolis di Painan. Kamis, (11/10).

Ia menjelaskan, berbagai program yang telah dilakukan oleh pihaknya mulai dari bantuan rumah tidak layak huni, beasiswa bagi pelajar kurang mampu, bantuan pendidikan yang sifatnya mendesak, bantuan biaya berobat, serta bantuan menanggulangi biaya hidup warga yang tidak sanggup lagi untuk menghasilkan atau mencari pekerjaan.

"2018 ini, pihak kita telah berhasil membangun 142 unit rumah masyarakat kurang mampu dari target sebelumnya 174 rumah. Sementara di lingkungan Dinas Pendidikan sudah diserahkan beasiswa sebanyak 1774 pelajar SD, 700 pelajar SMP, serta 399 pelajar di lingkungan Kemenag," ucapnya.

Ia menyebutkan, atas penyerahan bantuan beasiswa terhadap 399 siswa saat itu, pihaknya mengucurkan dana sebanyak Rp230 juta yang bersumber dari keuangan Baznas Pessel.

Ia menambahkan, capaian target Baznas 2108, mencapai Rp5 miliar. Namun, pihaknya optimis akan melebihi target yang tetapkan tersebut.

"Hingga akhir September 2018 ini, sudah terkumpul sekitar Rp5,5 miliar, saya optimis akan bisa terkumpul mencapai Rp7 miliar nantinya, dan itu akan kami upayakan," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Pessel, Firdaus, dalam sambutannya mengatakan kegiatan Baznas itu merupakan salah satu upaya meningkatkan kepedulian masyarakat Pessel antar umat beragama.

"Kita berikan apresiasi kepada Baznas Pessel, sebab dari tahun ketahun penerimaan zakat terus mengalami peningkatan. Dan saya yakin dengan adanya peningkatan tersebut, tahun berikutnya akan lebih meningkat lagi," ucapnya.

Hal senada dikatakan Bupati Pessel Hendrajoni, ia sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan Baznas Pessel saat ini.

"Semoga beasiswa yang diterima anak anak kita, bisa menjadi penyemangat dalam mengejar cita-cita dalam mendapatkan pendidikan," ucap bupati.

Bupati menambahkan, hal itu sebagai komitmen pemerintah daerah untuk meningkatkan prestasi pendidikan Pessel dan mengentaskan kemiskinan.

"Sebelumnya ada sekitar 7500 unit rumah tidak layak huni yang harus segera ditangani di Pessel. Alhamdulillah, berkat kerjasama yang baik dengan pihak ketiga dan Ketua TP-PKK Pessel Lisda Hendrajoni, perlahan kita benahi dan mulai berkurang," ucapnya.

Bupati berharap, masyarakat bisa menyisihkan sebagian rezkinya untuk membantu warga kurang mampu di Pessel. Sehingga bantuan yang diberikan melalui Baznas nantinya, bisa menjadi ladang amal dalam meringankan beban masyarakat.

"Dengan menyisihkan sebagian harta kita, maka akan besar manfaatnya bagi masyarakat kita yang membutuhkannya," tuturnya. (15)

Foto, Bupati Pessel Hendrajoni di dampingi Istri Lisda Rawdha, Kepala Baznas Pessel Yuspardi, Kepala Kemenag Firdaus, poto bersama siswa penerima beasiswa. 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube