Headline News

header-int

Baznas Pessel Targetkan Penerimaan Zakat Rp 5 Miliar Tahun 2018

Selasa, 09 Januari 2018, 11:44:16 WIB - 1670 | Kontributor : Yoni Syafrizal

Painan, 9 Januari 2018--Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) tahun 2017 sukses mengumpulkan zakat sebesar Rp 5,6 miliar. Jumlah itu dinyatakan melebihi dari target yang dipasang sebesar Rp 3,6 miliar di tahun itu.

Berkat capaian itu, sehingga memasuki tahun 2018 ini, pencapaian targetya ditingkatkan menjadi Rp 5 miliar dari tahun lalu itu.

Ketua Baznas Pessel, Yuspardi mengatakan kepada pesisirselatan.go.id Selasa (9/1) di Painan bahwa pencapaian melebihi dari terget itu memang berkat upaya maksimal yang dilakukan pihaknya dalam menggali sumber-sumber yang memiliki potensi pemasukan.

Sasaran pamasukan zakat itu adalah berasal Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negera (ASN), dari berbagai OPD yang ada, termasuk juga dari jajaran Kementrian Agama (Kemenag) Pessel.   

" Karena mendapat dukungan dari semua Organiasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada, serta juga dari Kementrian Agama (Kemenag) Pessel, sehingga pencapaian zakat tahun 2017 melebihi dari target. Dikatakan demikian, sebab tahun 2017 target pemasukan Baz hanya sebesar Rp 3,6 miliar, sementara yang tercapai Rp 5,6 miliar. Karena capaian itu, sehingga tidaklah berlebihan jika tahun 2018, target pendapatan Baznas Pessel ditingkatkan menjadi Rp 5 miliar," katanya.

Dijelaskanya bahwa target penerimaan sebesar Rp 5 miliar itu, diyakininya akan bisa tercapai.

" Namun dalam merealisasikanya, diyakini hingga akhir tahun 2018 nanti akan bisa melebihi dari target yang dipasang. Dan itu sudah dibuktikan pada tahun 2017," ujarnya.

Disampaikanya bahwa berkat capaian target itu, sehingga pihaknya mampu melakukan berbagai program kegiatan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Beberapa kegiatan itu diantaranya, rehab dan bedah rumah tidak layak huni (RTLH), pemberian beasiswa, bantuan tambahan modal usaha keluarga kurang mampu, serta bantuan biaya berobat.

" Selama tahun 2017, kita telah melakukan bedah RTLH sebanyak 152 unit, menyalurkan bantuan beasiswa tahap I dan tahap II sebanyak 809 orang, bantuan berobat keluarga miskin 119 orang, modal usaha 37 orang, bantuan Pessel peduli 15 paket, dan bantuan keagamaan dan dakwah sebanyak enam paket pula," terangnya.

Melalui enam program kegiatan sosial sebagaimana dijelaskanya itu, anggaran yang telah tersalurkan sebesar Rp 3.589.400.000. Penyaluran itu dinyatakanya telah sesusai dengan terget.

" Sedangkan anggaran yang tersisa, optimalisasi penyaluranya dilakukan mulai dari awal tahun 2018 ini, yang tentunya berdasarkan kepada kebutuhan dan usulan yang diajukan oleh masyarakat," jelasnya.

Dia juga menyampaikan bahwa tahun 2017 dijadikanya sebagai moment evaluasi terhadap kinerja, baik dalam hal penyaluran, maupun dalam hal mencari sumber-sumber pemasukan. (05) 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube