Headline News

header-int

BBGRM Tingkat Provinsi 2018 Diharapkan Mendorong Pencapaian Sasaran Pembangunan Nagari

Kamis, 21 Juni 2018, 10:33:39 WIB - 470 | Kontributor : Marlison

PESISIR SELATAN, Kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) 2018 tingkat  Provinsi Sumatera Barat yang akan dilaksanakan di Kabupaten Pesisir Selatan, diharapkan akan lebih mendorong dalam mencapai sasaran pembangunan nagari, "Pasalnya, kegiatan gotong royong menggambarkan semangat kerja dalam kegiatan keseharian masyarakat yang ada di nagari," ungkap Bupati Pessel, Hendrajoni, Kamis (21/6) di Painan.

Lebih jauh bupati menjelaskan, BBGRM adalah salah satu upaya untuk melestarikan nilai-nilai gotong royong melalui peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan nagari. Upaya pelestarian gotong royong dari sudut pandang kelembagaan adalah nilai gotong royong sebagai modal sosial dapat memberikan pengaruh pada tumbuh kembangnya lembaga sosial kemasyarakatan ditingkat pemerintahan lokal, "Tujuan kegiatan tersebut adalah menumbuh kembangkan semangat kebersamaan dalam pembangunan, meningkatkan kemampuan dan kesadaran masyarakat pada penguatan integrasi sosial, optimalisasi gerakan pemberdayaan masyarakat dan kesejahteraan keluarga," terangnya.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMDP2KB), Hamdi menyebutkan, pencanangan BBGRM tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2018 di Pessel akan dilakukan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, "Pessel sebagai tuan rumah BBGRM tingkat provinsi tahun 2018 siap mensukseskan kegiatan tahunan tersebut, dan saat ini terus dilakukan persiapan," ucapnya.

Dijelaskan, kegiatan yang akan diikuti oleh 19 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat itu hendaknya dapat diimplementasikan dalam upaya menghimpun segenap potensi yang ada, terutama peran serta dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan nagari, "Kita juga mengapresiasi pemerintahan nagari yang mampu menggerakan potensi yang ada dalam pembangunan selama ini, kedepan pembangunan itu semakin ditingkatkan, baik pembangunan fisik maupun pemberdayaan masyarakat," ucapnya. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube