Headline News

header-int

Bencana Mengintai, Warga Diminta Siaga

Selasa, 20 Feb 2018, 15:17:41 WIB - 44 | Yoni Syafrizal

Bencana Mengintai, Warga Diminta Siaga

Painan, 20 Februari 2018--Kondisi cuaca yang tidak menentu sebagai mana saat ini harus disikapi dengan kewaspadaan. Sebab hujan yang disertai angin kencang sebagai mana melanda Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) sejak beberapa hari terakhir, bisa menyebabkan banjir, tanah longsor dan pohon tumbang.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pessel, Khairul Effendi, mengatakan kepada pesisirselatan.go.id Selasa (20/2) di Painan bahwa potensi bencana yang diakibatkan oleh cuaca yang tidak menentu bisa terjadi kapan saja.

Agar tidak menimbulkan dampak korban bagi masyarakat, terutama korban jiwa, maka perlu disikapi dengan kewaspadaan.

" Sejak beberapa hari terakhir ini, Wilayah Pessel sering diguyur hujan, yang juga disertai angin kencang. Karena kondisi itu, sehingga kami kembali mengingatkan warga untuk senantiasa waspada terhadap kemungkinan berbagai bencana yang bisa menimpa," katanya.

Dikatakan lagi bahwa kondisi cuaca di daerah sering berubah tidak menentu.

" Cuaca buruk ini terjadi pada siang dan malam hari. Oleh karena itu, warga harus selalu waspada. Imbauan waspada ini juga disampaikan kepada nelayan. Sebab hujan yang juga disertai angin kencang, bisa menimbulkan gelombang tinggi," ingatnya.

Ditambahkan lagi bahwa cuaca memang tidak menentu itu kadang cerah, namun mendadak mendung dan turun hujan dengan disertai angin kencang.

Hal itu jelas sangat beresiko bagi masyarakat, terutama yang bermukim di daerah rawan banjir, pinggir pantai.

" Agar penanganan cepat bisa dilakukan, sehingga kita bersama perangkat daerah terkait seperti  Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Sosial, selalu siap siaga baik dari sisi personil maupun peralatan. Kepada camat dan walinagari, juga diminta segera melapor ke pihak kabupatan jika di wilayahnya terjadi bencana," pintanya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube