Headline News

header-int

BPBD Himbau Waspada Cuaca Ekstrem Akhir Tahun

Senin, 10 Desember 2018, 19:15:44 WIB - 183 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H

Pesisir Selatan 10/12/2018-- Memasuki musim hujan. Masyarakat diminta mewaspadai cuaca ekstrem berupa hujan deras dan angin kencang yang bertepatan dengan liburan Natal dan tahun baru.

"Berdasarkan hasil analisis BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika), potensi hujan deras menjelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 cukup besar. Itu disebabkan suplai massa udara lembab dari Samudra Pasifik dan daratan Asia serta dari Samudra Hindia terakumulasi di wilayah kepulauan Indonesia sehingga sangat intensif penyebab tingginya potensi hujan deras di wilayah Indonesia," kata Kepala Badan Penanggunglangan Bencana Daerah (BPBD) Herman Budianto Senin (10/12) di Painan .

"Masyarakat agar mewaspadai potensi genangan, banjir, dan longsor bagi yang tinggal di wilayah rawan banjir dan longsor, terutama di daerah dataran rendah, daerah cekungan, bantaran kali atau sungai, perbukitan, lereng-lereng dan pegunungan. Waspadai juga potensi hujan disertai angin kencang yang dapat menyebabkan pohon, papan reklame, maupun baliho roboh. Jangan berlindung di bawah pohon jika hujan disertai petir," imbuh 

Ia juga mengingatkan masyarakat agar mewaspadai angin kencang yang bisa mencapai lebih dari 36 kilometer per jam yang berpotensi terjadi berpengaruh pada terbentuknya gelombang tinggi. Diperkirakan, gelombang laut hingga setinggi 7 meter bakal melanda.

Herman Budianto menambahkan dalam beberapa mingggu ini hujan diperkirakan akan turun di beberapa wilayah dikabupaten Pesisir Selatan. Untuk itu BPBD Pessel menghimbau kepada masyarakat yang bermukim ditujuh sungai besar yang ada dikabupaten Pesisir Selatan untuk waspada dengan banjir akibat curah hujan yang akan msih turun beberapa hari ini. 

Dan, bagi nelayan yang ingin melaut untuk dapat memperhatikan kondisi cuaca yang sewaktu-waktu dapat berubah dan dapat membahayakan keselamatan ketika melaut.  kata nya.

Pantuan dilapangan, setiap hujan lebat turun ruas jalan didaerah Bayang yang terdapat aliran sungai ini meluap ketangah jalan, akibat nya ruas jalan tersebut digenangi air hingga mengakibatkan beberapa kendaraan,baik itu roda ataupun roda empat harus berhati-hati. Bahkan beberapa drainase yang ada beberapa  ruas jalan tersebut tidak dapat mengalirkan curah hujan yang turun, karena banyak sampah dan rusak.

Ditambahkannya beberapa titik di wilayah  Pessel memang dikhawatirkan akan terjadinya  banjir dan longsor seperti pemukiman warga sepanjang pinggir perbukitan dan aliran sungai.Seperti Kecamatan Koto XI Tarusan ,Bayu,Bayang, Batang Kapas Lengayang dan beberapa daerah lainnya.

Dia mengatakan, beberapa waktu belakangan intensitas curah hujan di daerah ini cukup tinggi dan dikhawatirkan akan dapat memicu terjadinya longsor, pohon tumbang, dan banjir. Apalagi Kabupaten Pessel merupakan daerah rawan terjadinya bencana karena secara geografis daerah tersebut terletak di kawasan hutan, perbukitan, gunung, dan juga memiliki aliran sungai.(07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube