Headline News

header-int

Bupati : Pelatihan Peningkatan Kapasitas KAN Se-Kabupaten Mesti Dimaksimalkan 2019

Jumat, 09 Nov 2018, 09:36:55 WIB - 10 | Marlison

PESISIR SELATAN, 9/11/2018-Bupati Pessel, Hendrajoni berharap tahun 2019 kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas Kerapatan Adat Nagari (KAN) se kabupaten mesti dimaksimalkan agar dapat melaksanakan fungsinya dengan baik. Harapan itu disampaikan bupati, Jumat (9/11) di Painan.

Dikatakan, pada era globalisasai saat ini, pemahaman adat oleh sebagian genarasi muda semakin menipis, akibat pengaruh degradasi budaya di kalangan generasi muda. Oleh karena itu perlu langkah strategis agar pemahaman tersebut tidak semakin tergerus.

Menurutnya, akibat  perkembangan teknologi informasi yang memberikan dampak melemahnya nilai budaya, maka para pengurus KAN diminta memotivasi masyarakat secara bersama membangun daerah. Dalam hal ini, kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas KAN mesti dimaksimalkan.

Apalagi peran KAN sangat menentukan dalam mendorong percepatan pembangunan daerah, terutama  dalam mewujudkan kehidupan umat beragama yang rukun serta mengembangkan nilai- nilai budaya Adat Basandi Sara', Syara' Basandi Kitabullah, ucapnya.

Dikatakan, Pemkab Pessel tetap berkomitmen dalam mewujudkan perubahan sikap mental masyarakat, revitalisasi kelembagaan agama dan kelembagaan sosial kemasyarakatan, sesuai dengan nilai-nilai agama,  adat, budaya dan keararifan lokal.

Sedangkan sasaranya terwujudkan penguatan kelembagaan adat, agama dan budaya melalui peningkatan kapasitas dan kualitas lembaga agama, lembaga sosial keagamaan dan lembaga adat dalam melakukan bimbingan kepada masyarakat.

Menurutnya, pemerintah saat ini memiliki peran  dan kepentingan dalam mengembangkan  serta melestarikan  nilai- nilai  budaya dan adat dalam kehidupan  bermasyarakat, yang dimaksudkan untuk melahirkan kepribadian yang baik.

Kemudian upaya mengantisipasi lemahnya pemahaman masyarakat tentang agama, budaya dan adat, perlu adanya  kebersamaan untuk melestarikan  adat budaya melalui langkah strategis yaitu merevitalisasai nilai adat budaya, meningkatkan peran ninik mamak, bundo kanduang, alim ulama, cadiak pandai, generasi muda, melalui pelatihan  peningkatan kapasitas. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube