Headline News

header-int

Bupati : Usulan Program Melalui Musrenbang Mesti Berdasarkan Skala Prioritas

Selasa, 13 Nov 2018, 16:03:18 WIB - 39 | Marlison

PESISIR SELATAN, 13/11/2018-Usulan program dan kegiatan pembangunan yang disampaikan oleh masyarakat melalui Musrenbang tetap menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, namun tentu harus berdasarkan skala prioritas. "Kemudian, semua  usulan tadi dilakukan penyaringan sebelum masuk pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan sumber pendanaan lainnya," kata Bupati Hendrajoni, Selasa (13/11).

"Musrenbang jangan hanya sekedar kegiatan rutinitas atau seremonial belaka, tapi bagaimana melalui Musrenbang lahir perencanaan pembangunan dengan skala prioritas untuk dianggarkan pada APBD tahun 2019 mendatang. Sedangkan rencana pembangunan yang tertinggal pada tahun sebelumnya, pada tahun ini akan diprioritaskan untuk dianggarkan pada tahun berikutnya," katanya.

Lebih lanjut dijelaskan, selain fisik, pembangunan bidang keagamaan dan adat juga perlu mendapat perhatian. Sebab, melalui upaya itu akan tercipta manusia yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, memiliki adat yang kokoh sebagai mana filosofi 'Adat Basandi Syara, Syara Basandi Kitabullah.

"Selain pembangunan fisik, pembangunan sumberdaya manusia, agama dan adat juga perlu mendapat perhatian. Sebab, apabila pembangunan tidak dilakukan secara seimbang, bisa mengancam keselamatan moral bangsa di masa datang," ucapnya.

Dikatakan, pemkab juga tetap menghimpun bebagai aspirasi yang datang dari masyarakat. Lalu aspirasi itu dikaji dengan perangkat daerah terkait. "Kita tetap mengutamakan kepentingan masyarakat banyak, dan berupaya melakukan pemerataan pembangunan di daerah," sebutnya.

Ia juga berharap agar pembangunan yang didanai melalui alokasi dana desa (ADD) direalisasikan melalui pola pemberdayaan. Melalui pola itu, kesadaran dan tingkat partisipasi masyarakat terhadap pembangunan akan tercipta dan juga bisa semakin tinggi.

"Kepada walinagari saya tegaskan agar hati-hati dalam menggunakan ADD. Sebab, dengan besarnya anggaran yang akan dikelola, maka pengawasan akan semakin ketat pula. Jika salah mengelola, bisa berdampak pada hukum," ingatnya. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube