Headline News

header-int

Bupati Dorong Masyarakat Tingkatkan Pelayanan Kepada Wisatawan

Senin, 08 April 2019, 22:07:50 WIB - 318 | Kontributor : Didi Someldi Putra
Bupati Dorong Masyarakat Tingkatkan Pelayanan Kepada Wisatawan

Pesisir Selatan - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni mendorong agar masyarakat meningkatkan pelayanan kepada wisatawan sehingga mereka nyaman selama di daerah setempat.

"Berlaku ramah, hindari pungutan liar, memberikan informasi tepat merupakan bentuk pelayanan kepada wisatawan yang secara terus menerus mesti ditingkatkan," kata dia di Painan, Senin (8/4/2019).

Ia menambahkan, jika hal tersebut tidak dilakukan bukan tidak mungkin kunjungan wisatawan akan berkurang dari waktu ke waktu.

Menurut dia, keindahan sebuah objek wisata tidak menjadi jaminan terhadap kunjungan wisatawan jika tidak diiringi dengan pelayanan yang baik.

Ia mengungkapkan dengan banyaknya daerah kunjungan wisata di Pesisir Selatan menuntut masyarakat berlomba-lomba dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

"Selain objek wisata Mandeh juga ada Pantai Carocok Painan, Jembatan Akar dan objek wisata menarik lainnya, jika masyarakat di salah satu daerah kurang baik dalam melayani wisatawan maka dengan sendirinya kunjungan ke daerah dimaksud akan sepi dan beralih ke tempat lain," ujarnya.

Hal tersebut menurutnya pada satu sisi berdampak terhadap peningkatan jumlah kunjungan wisatawan karena ada persaingan namun pada sisi lain jika pelayanan kurang baik dilakukan serentak maka daerah akan merugi.

Terkait hal itu pihaknya secara terus menerus berupaya memberikan imbaun kepada masyarakat karena kunjungan wisatawan memberikan dampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat.

"Hotel, penginapan, rumah makan, pusat oleh-oleh ramai dengan kunjungan wisatawan, jadi akan sangat rugi jika kunjungan wisatawan menurun," sebutnya.

Pada 2018 tercatat sebanyak 2,4 juta wisatawan lokal berkunjung ke Pesisir Selatan, sementara wisatawan mancanegara mencapai 1.600 orang.

Sementara pada 2017, jumlah kunjungan wisatawan lokal hanya sebanyak 2,3 juta, sementara wisatawan mancanegara mencapai 1.700 orang.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube