Headline News

header-int

Bupati Hendrajoni Minta BPBD Lakukan Pemetaan Wilayah Rawan Bencana

Rabu, 17 Oktober 2018, 09:29:51 WIB - 295 | Kontributor : Yoni Syafrizal

Pesisir Selatan, 17 Oktober 2018--Agar dampak korban yang ditimbulkan oleh bencana sebagai mana potensi yang akan terjadi bisa diminimalisir, maka kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama camat dan walinagari, dimintak untuk melakukan pemetaan wilayah bencana.

Langkah itu bertujuan agar disaat bencana terjadi, baik banjir maupun tanah longsor, penanganan dengan cepat bisa dilakukan

Demikian disampaikan Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Hendrajoni Rabu (17/10) kepada pesisirselatan.go.id terkait tingginya kerawanan bencana banjir dan tanah  longsor yang bisa melanda daerah itu.

" Pessel sebagai daerah yang memiliki pesisir pantai paling panjang di Sumbar, yakni 246,2 kilometer. Selain rawan terkena tsunami, juga rawan banjir dan tanah longsor. Agar penanganan maksimal bisa dilakukan, terutama sekali bila banjir dan logsor, maka kepada BPBD bersama camat dan walinagari diminta supaya melakukan pemetaan wilayah rawan bencana," ungkapnya.

Disampaikanya bahwa kerawanan bencana itu muncul karena di Pessel terdapa 19 aliran sungai. Semua aliran sungai itu memiliki kecuraman yang cukup tinggi karena berhulu di sepanjang gugusan Bukit Barisan pada Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

" 19 aliran sungai ini, melewati 15 kecamatan yang ada mulai dari utara hingga ke selatan. Dari 19 aliran sungai ini, sebanyak 18 aliran dinyatakan rawan meluap karena memiliki tumpukan sendimen dan juga berbelok," jelasnya.

Selain BPBD, camat dan walinagari, dia juga memintak kerjasama dari masyarakat sebagai informen jika terjadi kejadian bencana diwilayanya.

" Tujuanya agar bila bencana terjadi bisa dilakukan penanganan secara cepat. Ini tentu akan meminimalisir korban jiwa atau pun kerugian secara materil," tutupnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube