Headline News

header-int

Bupati Hendrajoni Minta Kepala Puskesmas dan RSUD Tingkatkan Pelayanan Terhadap Pasien Kurang Mampu

Rabu, 28 Feb 2018, 18:42:31 WIB - 156 | Okis Mardiansyah
Bupati Hendrajoni Minta Kepala Puskesmas dan RSUD Tingkatkan Pelayanan Terhadap Pasien Kurang Mampu

PAINAN - Bupati Pesisir Selatan meminta seluruh Puskesmas dan RSUD agar lebih meningkatkan pelayanan kepada pasien, khususnya bagi masyarakat golongan menengah kebawah. Hal itu diharapkan agar pasien merasa nyaman ketika berobat.

 

"Jangan mengutamakan uang, berikan dulu pelayanan kepada pasien yang berobat. Jika itu sudah terlaksana dengan baik, maka pasien akan merasa terlindungi ketika dirawat," sebut Bupati di Painan. Rabu (28/2).

 

Bupati mengatakan, ketika pasien ingin berobat kesalah satu Puskesmas tentunya mereka ingin sembuh, namun kunci pertama adalah bagaimana upaya penanganan petugas medis memberikan pelayanan secara maksimal. Menurutnya, kesembuhan pasien bukan saja tergantung pada peralatan yang canggih atau anggaran yang besar.

 

"Jadi, ini menjadi dasar utama kita bahwa Dokter dan perawatnya harus ramah dalam melayani pasien, mereka harus senyum. Kalau melayani kasar atau cemberut, maka pasiennya tidak akan bisa sembuh, malahan kondisi kesehatannya tambah memburuk," ungkap Bupati.

 

Terkait biaya ambulan yang selama ini sering dibebankan kepada keluarga pasien, Bupati sangat menyayangkan hal itu masih terjadi. Sebab, sesuai aturannya bagi pasien peserta BPJS, biaya mobil ambulan sudah ditanggung oleh pemerintah.

 

"Nanti kalau ada temuan seperti itu, tolong sampaikan pada saya. Akan kita panggil kepala Puskesmasnya dan tanggung resikonya. Orang buat makan aja susah, gimana mau bayar mobil ambulan, apalagi mereka peserta BPJS," tegas Bupati.

 

Bupati berharap, setiap Puskesmas dan RSUD di Kabupaten Pesisir Selatan diminta agar selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, dengan cara tersenyum, bekerja keras, disiplin, cerdas dan ikhlas.

 

"Nanti apa saja yang perlu ditingkatkan pada masing-masing Puskesmas, akan kita upayakan sebaik mungkin, karena melihat dari jam operasinya 1x24 jam. Namun, yang lebih utama adalah tingkatkan pelayanan terhadap pasien, khususnya mereka masyarakat miskin," tutupnya. (15)

 

Poto, Bupati Pessel Hendrajoni. 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube