Headline News

header-int

Bupati Minta Disdukcapil Beserta Kantor UKL Tingkatkan Pelayanan Pada Masyarakat

Rabu, 10 Okt 2018, 10:29:06 WIB - 15 | Marlison

PESISIR SELATAN, 10/10/2018-Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni meminta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil beserta Kantor Unit Kerja Layanan (UKL) di setiap kecamatan untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukan seperti e-KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dan lainnya. Hal itu disampaikan Bupati Hendrajoni, Rabu (10/10) di Painan.

"Saya minta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil beserta Kantor UKL di setiap kecamatan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam pengurusan berbagai dokumen kependudukan. Selain itu, saya juga mengapresiasi kerja keras yang dilakukan dinas ini melalui petugasnya yang memberikan pelayanan kepada masyarakat hingga ke tingkat nagari," ucap Hendrajoni.

Lebih lanjut menurutnya, kini data kependudukan memegang peran penting dalam menentukan kebijakan, perencanaan dan evaluasi hasil pembangunan bagi pemerintah. Oleh karena itu, ketersediaan data kependudukan di semua tingkat administrasi pemerintahan menjadi faktor kunci keberhasilan program-program pembangunan.

Dikatakan, dalam perencanaan pembangunan daerah harus didasarkan pada data dan informasi yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan, baik yang menyangkut  masalah kependudukan, masalah potensi sumber daya daerah maupun informasi tentang kewilayahan lainnya.

Ditambahkan, pemkab juga berkomitmen menyukseskan tiga program strategis nasional dalam bidang kependudukan dan pencatatan sipil yaitu pemutakhiran data kependudukan, penerbitan nomor induk kependudukan (NIK) dan penerapan KTP elektronik.

Sementara Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pessel, Evafauza Yuliasman Mansarin mengungkapkan, tertib administrasi kependudukan dan pencatatan sipil terus dilaksanakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pesisir Selatan.

Kemudian dalam mengupayakan target kepemilikan KTP elektronik (e-KTP), maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melalui kegiatan percepatan perekaman e-KTP, pelayanan penerbitan Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran dilakukan hingga ke nagari-nagari dan SLTA.

"Hal itu dilakukan untuk mendekatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat walaupun dilakukan hingga larut malam. Semoga, target kepemilikan dan perekaman e-KTP serta dokumen kependudukan lainnya dapat tercapai sesuai target yang diinginkan," ulasnya. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube