Headline News

header-int

Bupati Upayakan Korban Abrasi Mendapat Bantuan Rumah

Kamis, 11 Okt 2018, 10:11:00 WIB - 21 | Didi Someldi Putra
Bupati Upayakan Korban Abrasi Mendapat Bantuan Rumah

Pesisir Selatan, 11/10/2019 - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni memastikan keluarga Sirjon (50) yang menetap di Kampung Ujung Air, Nagari Amping Parak, Kecamatan Sutera mendapat bantuan usai rumahnya luluhlantak diterjang abrasi pantai pada Senin (8/20).

"Kemarin Rabu (10/10) saya berkunjung ke lokasi dan rumah Sirjon hancur hingga tidak bisa ditempati, saya akan mengupayakan bantuan pembangunan rumah gratis baginya," kata bupati di Painan, Kamis. 
Ia menyebutkan, rumah bagi Sirjon akan dibangun di lokasi lain karena di lokasi yang lama sudah tidak dimungkinkan lagi dibangun rumah.

"Dalam waktu dekat Ketua Tim Penggerak PKK, Lisda Hendrajoni akan berkunjung ke lokasi untuk mendata, selanjutnya Lisda yang juga ketua gerakan Dunsanak Membantu Dunsanak akan mencari donatur yang akan membangun rumah bagi Sirjon," katanya lagi. 

Terpisah, Sirjon menyambut baik rencana bupati itu, ia berharap rencana tersebut segera direalisasikan sehingga ia tidak lagi merepotkan tetangganya untuk menginap dan meletakkan sementara barang-barang berharga.
"Mudah-mudahan cepat terealisasi sehingga kami bisa beraktivitas seperti biasa," kata ayah empat anak tersebut.

Selain telah menghancurkan rumah Sirjon abrasi pantai di Kampung Ujung Air juga mengancam puluhan rumah masyarakat setempat.
Untuk mengamankan daerah tersebut dari terjangan abrasi setidaknya di lokasi perlu dibangun batu penahan ombak sepanjang dua kilometer.

Terkait hal itu, bupati setempat berjanji akan segera menjalin komunikasi dengan pejabat pusat sehingga pembangunan batu penahan ombak terealisasi.
Menurutnya, untuk sementara warga bisa memasang karung berisi pasir disepanjang bibir pantai untuk meminimalkan dampak abrasi pantai.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube