Headline News

header-int

Camat Bayu : Setiap KK Ditargetkan Miliki Kolom Ikan Untuk Menunjang Ekonomi Keluarga

Rabu, 10 Okt 2018, 12:35:34 WIB - 49 | Marlison
Camat Bayu : Setiap KK Ditargetkan Miliki Kolom Ikan Untuk Menunjang Ekonomi Keluarga

PESISIR SELATAN, 10/10/2018-Enam nagari di wilayah Kecamatan Bayang Utara saat ini tengah melaksanakan program inovasi desa/nagari dalam bentuk kegiatan budidaya ikan air tawar yakni pembibitan dan pelatihan. "Hal itu dilakukan melalui dana desa tahun 2018 ini, dan ditargetkan setiap KK memiliki kolom ikan untuk menunjang ekonomi keluarga," ungkap Camat Bayang Utara, Ronald Bernando ketika dihubungi, Rabu (10/10).

Dijelaskan, program inovasi budidaya ikan air tawar itu tertuang dalam RPJM dan RKP yang sebelumnya masuk dalam Musrenbang masing-masing nagari. Enam nagari yang berada di wilayah Kecamatan IV Nagari Bayang Utara itu adalah Nagari Puluik-Puluik Selatan, Puluik-Puluik, Koto Ranah, Muaro Aie, Pancuang Taba dan Limau Gadang.

Ia mengungkapkan, kesepakatan enam nagari untuk melakukan kegiatan inovasi budidaya ikan air tawar berdasarkan potensi yang dimiliki yakni ketersedian air. Kemudian tahun 2019, kegiatan itu akan berlanjut dengan pengawasan dan pembinaan terhadap nagari-nagari yang melakukan budidaya ikan air tawar tersebut.

"Pada enam nagari ada air sungai yang berasal dari kawasan perbukitan, dan nyaris tidak pernah mengalami kekeringan. Sayang, kalau potensi air yang melimpah tidak dimanfaatkan secara optimal, khususnya untuk budidaya ikan air tawar. Kita mendorong agar setiap KK memiliki kolam ikan. Sementara bibit ikan disediakan melalui dana desa, dan pemasarannya akan dilakukan oleh Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag)," ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, Kecamatan Bayang Utara merupakan daerah perbukitan dengan udara sejuk serta memiliki potensi di sektor pertanian, perkebunan dan perikanan. Sektor pertanian dikembangkan tanaman padi dan palawija.

Sektor perkebunan dikembangkan tanaman nilam, pala, cengkeh, kacang nian dan lain sebagainya. Kemudian untuk sektor perikanan akan dibudidayakan ikan air tawar jenis nila. Sebab, nila sangat cocok dibudidayakan pada air yang mengalir dan selalu bertukar, kemudian di lahan sawah.

Selanjutnya, harga pasar dan permintaan konsumsi ikan nila cukup tinggi. Dengan demikian, usaha budidaya ikan air tawar ini menjadi peluang emas bagi masyarakat untuk peningkatan ekonomi pada enam nagari tadi.

Disebutkan, selain melakukan kegiatan budidaya ikan air tawar, dengan dana desa sejumlah nagari juga melakukan inovasi desa/nagari lainnya. Nagari Pancuang Taba misalnya akan membudidayakan tanaman padi sewai. Kemudian Nagari Muaro Aie melakukan pengolahan minyak nilam. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube