Headline News

header-int

Cuaca Tidak Menentu, Warga Dihimbau Waspada

Selasa, 02 Januari 2018, 13:57:48 WIB - 449 | Kontributor : Yoni Syafrizal

Painan, Kondisi cuaca yang tidak menentu karena cepat berubah-rubah sebagai mana saat ini, perlu diwaspadai oleh masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), sebab daerah yang secera tofografi memanjang dari utara hingga selatan dengan garis pantai mencapai 234,5 kilometer itu, sebanyak 20 persen warganya atau dari total 546 ribu jiwa, berdomisisli di daerah rawan longsor.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Pessel, Pri Nurdin mengatakan kepada pesisirselatan.go.id Selasa (2/1) di Painan bahwa di daerah itu jumlah warga yang berdomisili pada kawasan zona merah rawan longsor, mencapai 20 persen.

" Dari 15 kecamatan yang ada di Pessel, ancaman bencana longsor paling tinggi terdapat di Kecamatan Bayang Utara. Sebab di kecamatan itu, bisa dikatakan 85 persen penduduknya tinggal di lerang perbukitan dengan kemiringan diatas 45 derajat. Disusul kecamatan Koto XI Tarusan, IV Jurai, Batang kapas, Lengayang, Ranahpesisir, Ranah Ampek Hulu dan Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan," jelasnya.

Dikatakanya bahwa di delapan kecamatan itu, bencana longsor akibat hujan deras selalu terjadi setiap tahunnya.

" Agar ancaman itu tidak menimbulkan dampak korban jiwa, sehingga kepada warga diminta untuk meningkatkan kewaspadaanya. Bahkan kepada warga yang pemukimanya persis berada di lereng perbukitan dengan kemiringan di atas 45 derajat, diminta untuk meninggalkan rumah jika hujan deras terjadi," ingatnya.

Ditambahkanya bahwa imbauan dan ketegasan itu, bukan saja disampaikan secara lisan, tapi juga secara tertulis melalui masing-masing camatnya.

Ditambahkanya bahwa selain bencana longsor, ancaman bencana banjir juga sangat tinggi mengancam keselamatan jiwa warga di daerah itu.

Karena daerah yang berhulu sungai di kawasan Bukit Barisan (BB) itu, rata-rata memiliki arus yang deras akibat tingginya tingakat kemiringan.

" Tingginya kemiringan sungai otomatis membuat arusnya menjadi deras.  Kondisi ini menjadi penyebab banjir bandang bisa muncul secara tiba-tiba. Sebab sejak beberapa hari terakhir, hujan deras memang sering terjadi, termasuk hari ini ((kemaren red)," ungkapnya.

Beranjak dari kondisi dan ancaman itu, sehingga dia menghimbau kepada warga yang bermukim dilereng bukit dan didekat pinggir sungai untuk waspada.

" Bila hujan cukup deras terjadi dan turun lebih dari 4 jam, maka kepada warga yang berdomisili di lereng bukit dan dekat pinggir sungai diminta untuk waspada," ingatnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube