Headline News

header-int

Dinas kelautan dan perikanan melakukan pergantian bahan bakar nelayan BBM ke gas

Jumat, 11 Jan 2019, 15:32:22 WIB - 25 | Rio Irawan

Painan,11-01-2019– Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan akan melakukan diservikasi Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk nelayan dengan gas Elpiji. Penggantian atau konversi BBM ke elpiji tersebut merupakan program pemerintah dalam rangka memudahkan nelayan untuk mendapatkan bahan bakar serta menghemat biaya operasinal.

plt Kepala DKP Kabupaten Pesisir Selatan Arlindawati menjelaskan, diservikasi energi tersebut tahun ini akan dilakukan untuk 1.170 nelayan. Sebelumnya, tahun 2018 sudah dilakukan untuk 585 kapal nelayan di delapan kecamatan. “Untuk kebutuhan tahun ini, rencananya sebanyak 1.170 tabung dan diusulkan untuk nelayan di Kecamatan Koto XI Tarusan, IV Jurai, Batangkapas dan Sutera,” katanya, jumat, (11/1).

Program diservikasi energi dari BBM ke elpiji tersebut, menurut Arlindawati, diperuntukkan bagi nelayan dengan kapal di bawah 5 grosstone (GT). Satu tabung elpiji 3 kilogram (elpiji bersubsidi) setara dengan 7 liter BBM. Dengan perbandingan tersebut, nelayan akan lebih irit dalam biaya operasional karena bisa digunakan untuk waktu operasi selama lebih kurang 10 jam.

Dia menambahkan, pelaksanaan konversi atau diservikasi BBM ke elpiji terus disosialisasikan ke masyarakat nelayan. Penyaluran bantuan dilakukan dengan pengawasan yang ketat agar tepat sasaran. (11)   

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube