Headline News

header-int

Dinas Kominfo Pessel Kembangkan Aplikasi e-SPPD Online

Jumat, 15 Maret 2019, 11:04:48 WIB - 763 | Kontributor : Riva Endra, S.Kom
Dinas Kominfo Pessel Kembangkan Aplikasi e-SPPD Online

Pesisir Selatan, - Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika tidak pernah berhenti menciptakan kreatifitas demi tercapainya penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Hal itu dibuktikan dengan telah dikembangkannya lagi aplikasi Elektronik Surat Perintah Perjalanan Dinas (e-SPPD) online yang nantiknya akan dipergunakan oleh Pemerintah Daerah kabupaten Pesisir Selatan kedepannya.

Sebagaimana diketahui bahwa sebelumya pemda pessel juga sudah menerapkan pemakaian aplikasi elektronik.  Berdasarkan data Pesisir Selatan Dalam angka (PSDA) Tahun 2018 tercatat setidak-tidaknya Pemda Pessel sudah mempergunakan aplikasi elektronik sebanyak 45 aplikasi untuk menunjang Layanan Administrasi Pemerintahan.

“Untuk mewujudkan proses kerja yang efisien, efektif, transparan, dan akuntabel serta meningkatkan kualitas pelayanan publik, Dinas Kominfo bersama tenaga Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  telah mengembangan aplikasi berbasis elektronik e-SPPD,” ungkap Junaidi, S. Kom, ME Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika ditengah-tengah peserta Pra-sosialisasi e-SPPD yang diikuti oleh Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) bersama staf serta  Bagian Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Pesisir Selatan diruangan kerjannya, Kamis (14/03).

Dalam kegiatan tersebut Junaidi juga menjelaskan keuntungan penggunaan Aplikasi e-SPPD online tersebut.

“Dengan adanya aplikasi e-SPPD online ini maka akan mempercepat proses administrasi pembuatan SPPD, validasi dan verifikasi siapa saja yang melakukan perjalanan dinas, baik itu perjalanan dinas dalam daerah, luar daerah dalam provinsi ataupun luar daerah luar provinsi dan proses pengawasannya juga bisa dilakukan secara riil time, perjalanan dinas Fiktif akan langsung terdeteksi, sehingga predikat WTP yang telah kita dapatkan sebanyak lima kali berturut-turut itu akan dapat dipertahankan lagi,” jelasnya.

Lebih jauh Junaidi menjelaskan aplikasi e-sppd ini merupakan hibah dari Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat pada akhir tahun 2018, dan telah dilakukan pengembangan sesuai dengan kebutuhan Pemda Pessel.

“e-SPPD ini merupakan hibah dari Dinas Komifo Sumbar, terdapat beberapa bagian yang kita kembangkan sesuai dengan kebutuhan daerah, adapun output yang akan dihasilkannya nanti berupa surat perintah tugas (SPT), laporan perjalanan dinas, Form SPPD, bukti pengeluaran kas, dan SPPD rampung, rekapitulasi perjalanan dinas” jelasnya.

Junaidi berharap dalam waktu dekat sesuai arahan Bupati Pesisir Selatan H. Hendrajoni, SH, MM aplikasi e-SPPD dapat diterapkan.

"Penggunaan aplikasi e-SPPD direncanakan akan diterapkan pada bulan April 2019, dan akan kita lakukan sosialisasi terlebih kepada Perangkat Daerah, semoga hal ini bisa terlaksana dengan baik", harap Junadi.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube