Headline News

header-int

Dinas Lingkungan Hidup Akan Sosialisasikan Tas Pandan Pengganti Kantong Kresek Pada Masyarakat

Kamis, 13 Des 2018, 09:20:54 WIB - 27 | Marlison
Dinas Lingkungan Hidup Akan Sosialisasikan Tas Pandan Pengganti Kantong Kresek Pada Masyarakat

PESISIR SELATAN, 13/12/2018-Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pesisir Selatan akan mensosilisasikan tas pandan pengganti kantong kresek kepada masyarakat saat berbelanja di pasar. Demikian dikatakan Kadis Lingkungan Hidup Pessel, Nely Armida, Kamis (13/12).

Menurutnya, langkah itu dilakukan rangka memerangi sampah, yakni pengurangan pemakaian kantong kresek yang diganti dengan tas pandan ketika berbelanja di pasar tradisional yang ada.

"Kita terus mensosialisasikan penggunaan tas pandan pengganti kantong kresek kepada masyarakat ketika berbelanja di pasar. Dengan demikan akan mengurangi sampah kedepannya," ucapnya.

Disebutkan, kegiatan itu sesuai kebijakan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), untuk menjadikan Indonesia bebas sampah dalam waktu yang tidak terlalu lama yakni Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS).

Menurutnya, berbagai kebijakan telah dilakukan oleh pemerintah pusat. Antara lain dengan mengeluarkan UU Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah serta PP Nomor 81 Tahun 2013 tentang Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga.

"Jika kita memiliki komitmen mengganti kantong kresek dengan tas pandan, maka secara berangsur akan mengurangi sampah di Pessel. Selain pemborosan, kantong kresek hanya dapat digunakan satu kali saja ketika pergi belanja ke Pasar. Setelah itu dibuang dan menjadi sampah yang sangat lama terurai," ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, kebijakan Nasional terkait Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga maupun berbagai kegiatan lainnya seperti pengembangan bank sampah, sampah menjadi energi, serta berbagai kegiatan kemasyarakatan lainnya. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube