Headline News

header-int

Dinas Perikanan Pesisir Selatan Akan Serahkan Bantuan 36 Unit Perahu Jukung

Jumat, 25 Mei 2018, 14:01:15 WIB - 487 | Kontributor : Didi Someldi Putra

Pesisir Selatan, 25/5/18 - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat bakal menyerahkan 36 unit perahu jukung yang terbuat dari "fiber glass" kepada nelayan daerah setempat sebagai upaya untuk mengangkat perekonomian mereka.
     
"Pembuatan puluhan perahu jukung menelan anggaran Rp834 juta yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus Kementerian Kelautan dan Perikanan," kata Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan dan Pembudidaya, Dinas Perikanan setempat, Afriman Julta di Painan, Jumat.
      
Ke 36 perahu jukung akan diserahkan ke nelayan yang menetap di beberapa Kecamatan di daerah setempat yaitu Pancung Soal tiga nelayan, Air Pura dua nelayan, Ranah Pesisir delapan nelayan.
      
Berikutnya, Lengayang tiga nelayan, Sutera lima nelayan, Batang Kapas 10 nelayan dan IV Jurai lima nelayan.
       
Sesuai rencana pengerjaan perahu jukung ditarget selesai pada Agustus 2018 dan setelah itu langsung diserahkan ke nelayan.
     
"Proses pengadaan perahu sudah selesai lelang kegiatan dan tinggal menandatangani kontrak pengerjaan," sebutnya.
     
Selain perahu jukung, nelayan penerima bantuan juga akan mendapat paket alat tangkap seperti mesin tempel lima PK, jaring dan serokan ikan.
      
Ia menyebutkan secara keseluruhan nelayan penerima bantuan merupakan nelayan yang berpenghasilan rendah bahkan diantara mereka ada yang melaut dengan menggunakan kapal nelayan lain.
     
Untuk mengantisipasi terjadinya tindakan yang mengarahkan ke ranah hukum dalam penyerahan bantuan ini, selain lebih selektif pihaknya juga melibatkan kejaksaan negeri dan kepolisian setempat.
      
"Petugas dari kejaksaan negeri dan kepolisian ikut dalam proses penyerahan bantuan sebagai upaya memastikan kegiatan ini cacat hukum," katanya lagi.
 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube