Headline News

header-int

Dirjen Penyediaan Perumahan Terima Penghargaan Tokoh Berjasa 70 Tahun Pessel

Senin, 16 Apr 2018, 09:08:23 WIB - 35 | Yoni Syafrizal
Dirjen Penyediaan Perumahan Terima Penghargaan Tokoh Berjasa 70 Tahun Pessel

Dirjen Penyediaan Perumahan Terima Penghargaan Tokoh Berjasa 70 Tahun Pessel

Painan, 16 April 2018--Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang dilaksanakan melalui Rapat Paripurna Istimewa DPRD Pessel yang diselenggarakan Minggu (15/4), tidak hanya sekedar kegiatan serimonial, serta sekedar mengundang para tokoh yang berpengaruh dan pernah  berjasa dalam perjalanan daerah itu.

Dalam usia 70 tahun saat ini sejak berpisahnya kabupaten itu dari Pesisir Selatan Kerinciseblat (PSK), banyak tokoh yang berjasa dalam perjalanya.

Bupati Pessel, Hendrajoni mengatakan keberadaan beberapa orang tokoh yang memberikan konstribusi besar terhadap perjalanan panjang pembangunan berbagai bidang di daerah itu, pada peringatan 70 tahun kabupaten Pessel, sengaja diundang untuk memberikan penghargaan.

" Ada lima tokoh yang berjasa terhadap pembangunan Pessel sejak mulai berdiri karena berpisah dari kabupaten PSK 70 tahun lalu. Diantara lima tokoh itu salah satunya adalah Bapak Ir H Khalawi, AH M.Sc, MM. Dirjen Penyediaan Perumahaan Kementrian PUPR yang pernah bertugas di Pessel selama 13 tahun ini, telah memberikan konstribusi yang besar dalam membebaskan desa-desa tertinggal atau terisolir di daerah ini. Itu dilakukanya semasa bertugas sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), mulai dari diangkat, hingga dipercaya sebagai Kepala Dinas PU di daerah ini," ungkapnya.

Disampaikanya bahwa beberapa kawasan dan pemukiman yang berkembang pesat saat ini di Pessel, sebagian besarnya merupakan ide, dan pemikiran, serta berkat campur tanganya sebagai kepala Dinas PU pada era tahun 90 an hingga tahun 2003.

" Sebut saja kawasan Wisata Mandeh yang sudah mendunia saat ini, kawasan itu awalnya dibuka semasa Bapak Dirjen ini menjadi Kepala Dinas PU di Pessel, dengan Bupatinya ketika itu, Bapak darizal Basir. Termasuk juga Puncak langkisau, pembangunan GOR H Ilyas Yakub dan banyak lagi. Karena hal itu, sehingga beliau pantas untuk mendapatkan penghargaan sebagai tokoh berjasa dibidang inprastruktur pada peringatan 70 tahun kabupaten ini," katanya.

Dirjer Penyediaan Perumahan Kementrian PUPR, Ir Khalawi, AH M.Sc, MM dalam kesempatan itu menyapaikan terimakasihnya kepada pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Pesisir Selatan atas penghargaan yang diberikan itu.

Disampaikanya bahwa Pessel merupakan kampung halaman ke dua baginya, sebab pernah tinggal bersama dan berbaur selama 13 tahun dengan masyarakatnya. Bahkan kalau di Sumbar ada selama 17 tahun, sebab setelah pindah dari Pessel, dia juga dipercaya sebagai Kepala Dinas PSDA Provinsi Sumbar selama 4 tahun sebelum ditarik ke Jakarta.

" Awal saya masuk ke Pessel karena ditugaskan sebagai PNS ketika baru diangkat tahun 1990, ada sebanyak 105 Desa terisolir di daerah ini. Semua desa terisolir karena tidak memiliki infrasruktur jalan itu, saya kunjungi bersama dengan Bupati Pessel, Bapak Darizal Basir ketika itu. Perjalanan dengan berjalan kaki hingga sampai bermalam, merupakan pengalaman berharga dan tidak pernah saya lupakan," katanya.

Disampaikanya bahwa salah satu Desa atau nagari yang hingga saat ini masih melekat dalam ingatanya adalah Desa Langgai di Kecamatan Sutera.

" Desa Langgai atau yang lebih dikenal dengan sebutan Nagari Gantiang Utara Mudiak Surantiah saat ini, dulunya merupakan desa terpencil dan terisolir. Untuk bisa sampai ke desa itu hanya dengan berjalan kaki selama delapan jam. Karena jauh, sehingga tidak cukup satu hari untuk berkunjung, namun musti bermalam dan kembali pada esok harinya. Suatu saat saya apabila saya kembali datang ke sini, saya ingin kembali berkunjung ke desa itu. Sebab desa itu memiliki kenangan tersendiri yang belum terlupakan hinga saat ini," ungkapnya.

Disampaikanya bahwa itu merupakan salah satu desa dari 105 desa lainya yang masih tertinggal di saat itu.

" Karena ketertinggalan 105 desa itu akibat dari belum memiliki infrasruktur jalan, sehingga secara bertahap mulai dibuka. Termasuk juga infrastruktur menuju Desa Langgai yang ketika itu hanya bisa ditelusuri dengan berjalan kaki dengan cara menelusuri hutan belantara dengan medan yang berat disepanjang aliran sungai Batang Surantiah," kenangnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube