Headline News

header-int

Disdukcapi Lakukan Inovasi Layanan Dokumen Kependudukan Bagi Pasien RSUD M.Zen Painan

Kamis, 19 April 2018, 13:01:20 WIB - 404 | Kontributor : Marlison

PESISIR SELATAN, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pessel terus melakukan inovasi untuk peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Kali ini dinas tersebut menerapkan Layanan Dokumen Kependudukan Terpadu Kependudukan Terpadu (Lado Kutu) Disdukcapil di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr M.Zein Painan.

Bupati Pessel, Hendrajoni, Kamis  (19/4)  mengapresiasi inovasi pelayanan yang dilakukan Disdukcapil itu. Menurutnya, dinas terkait memang mesti terus berinovasi dalam memberikan kemudahan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Kemudahaan pelayanan ini juga dilakukan dalam bentuk pengurusan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil melalui program Lado Kutu Dukcapil di RSUD dr M.Zein Painan. Melalui pelayanan ini, pasien yang belum memiliki dokumen Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan akte kelahiran, bisa langsung dilayani ditempat," ungkapnya.

Sementara Kepala Disdukcapil Pessel, Eva Fauza Y Mansarin, Kamis (19/04) di Painan menjelaskan bahwa setelah sukses dengan program mobil Dukcapil yang menyasar nagari-nagari dalam melakukan pelayanan. Kini pihaknya melalui jajaran menerapkan pelayanan baru pula melalui program Lado Kutu Dukcapil di RSUD dr M Zein Painan.

"Maksud terpadu melalui program Lado Kutu ini adalah layanan terpadu dengan register dan pendaftaran pasien di rumah sakit. Pelayanan ini tidak saja menerbitkan dokumen bagi yang lahir di rumah sakit berupa akte kelahiran, tapi juga pelayanan kartu keluarga, serta juga pelayanan data BPJS yang tidak sama dengan KTP dan KK yang perlu dilakukan perbaikan, tanpa harus mendatangi kantor Disdukcapil," ungkapnya.

Ditambahkanya bahwa bagi pasien yang belum melakukan perekaman KTP namun telah memiliki kartu keluarga, juga bisa dilakukan pelayanan melalui program Lado Kutu Dukcapil tersebut dengan menurunkan petugas secara langsung.

"Metode ini dilakukan sebagai upaya jemput bola, agar tidak ada masyarakat yang tidak memiliki data kependudukan, seperti KK dan KTP saat berurusan di rumah sakit. Sebab dua instrumen itu sangat penting bagi para pasien, terutama untuk keperluan pengurusan BPJS Kesehatan,", ujarnya. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube