Headline News

header-int

Disdukcapil Tingkatkan Kerjasama Dengan RSUD, BPJS Dan Kemenag Untuk Layani Masyarakat

Selasa, 11 Desember 2018, 13:07:25 WIB - 240 | Kontributor : Marlison

PESISIR SELATAN, 11/12/2018-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pesisir Selatan akan meningkatkan kerjasama bidang pelayanan dokumen kependudukan dengan RSUD Dr.M.Zein, BPJS Kesehatan  dan Kantor Kemenag Pessel. Hal itu dikemukakan Kepala Disdukcapil Pessel, Evafauza Yuliasman Mansarin, Selasa (11/12).

Dikatakan, melalui kerjasama itu, masyarakat akan lebih mudah mendapatkan layanan dokumen kependudukan, tanpa harus bolak-balik ke kantor pelayanan Disdukcapil.

Misalnya, pasien yang belum memiliki KTP elektronik (e-KTP) namun sudah mendapat perawatan, maka pihak RSUD Dr.M.Zein bisa menginformasikannya ke pejabat Disdukcapil. Melalui informasi itu, maka personel atau petugas Disdukcapil segera turun ke lokasi untuk melakukan pendataan atau perekaman.

Disampaikanya, pelayanan itu juga diberikan terhadap bayi yang baru lahir dalam bentuk penerbitan akte kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA).

"Jika ada pasien yang meninggal dunia, maka personel Disdukcapil juga akan menyiapkan akta kematian setelah mendapatkan informasi dari pihak RSUD Dr.M.Zein Painan," ujarnya.

Kemudian khusus dengan BPJS Kesehatan, kami melalui petugas akan segera pula membantu bila ada kesalahan data ketika masyarakat mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan. Sedangkan bagi peserta BPJS yang meninggal, kita juga akan menerbitkan dokumen akte kematian supaya pihak BPJS bisa pula dengan segera memutus kepesertaanya," jelasnya.

Sementara kerjasama dengan Kemenang, Disdukcapil akan berperan aktif pula saat pernikahan pasangan pengantin berlangsung, guna menerbitkan dokumen kartu keluarga (KK) dan e-KTP, yang secara bersamaan dilakukan penyerahan dengan buku nikah.

Disebutkan, kerjasama itu merupakan bentuk perhatian pemerintah daerah kepada masyarakat dalam memberikan kemudahan dalam mendapatkan pelayanan berbagai dokumen kependudukan, terutama dalam kondisi mendesak. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube