Headline News

header-int

DLH Pessel Terus Tingkatkan Sosialisasi Adiwiyata

Kamis, 18 Juli 2019, 11:56:39 WIB - 187 | Kontributor : Yoni Syafrizal
DLH Pessel Terus Tingkatkan Sosialisasi Adiwiyata

Pesisir Selatan--Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), terus tingkatkan sosialisasi Adiwiyata kepada masyarakat.

Upaya itu dilakukan untuk mendorong terciptanya kesadaran masyarakat, terutama sekali warga sekolah dalam melestrarikan lingkungan hidup dalam hal pengelolaan sampah.

Melalui upaya itu, maka akan terciptanya lingkungan sekolah yang sehat dan bersih, serta membantu pemerintah dalam mengurangi jumlah sampah yang akan dikelola ke tempat pembuangan akhir.  

Demikian disampaikan Kepala DLH Pessel, Jumsu Trisno Kamis (18/7) di Painan.

Diungkapkanya bahwa sosialisasi Adiwiyata tingkat kabupaten tahun anggaran 2019 itu, juga dilakukan di Kantor Camat Basa Ampek Balai Tapan dua hari lalu (Selasa red).  

"Adiwiyata merupakan program Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang bertujuan untuk mendorong terciptanya kesadaran masyarakat dalam melestrarikan lingkungan hidup, terutama dalam hal pengelolaan sampah. Program ini lebih disasarankan pada lingkungan sekolah yang sehat dan bersih. Sebab kegiatan ini bisa membantu pemerintah dalam mengurangi jumlah sampah yang akan dikelola ke tempat pembuangan akhir," katanya.  

Ditambahkanya bahwa manfaat yang diperoleh dari program Adiwiyata bisa sebagai media pembelajaran, menciptakan suasana kondusif, menciptakan upaya peduli lingkungan, mengurangi dampak negatif pada lingkungan, menimbulkan kebersamaan dalam mengelola sampah, dan lainya.

"Oleh sekolah yang dapat dilakukan untuk menunjang program Adiwiyata dengan cara melakukan pembuatan kompos organik dari sampah yang mudah terurai, membuat tong sampah terpilah untuk pengelolaan sampah anorganik, membuat ruang khusus untuk menanam Tanaman Obat Keluarga (Toga), serta menciptakan penghijauan di lingkungan Sekolah dengan memperbanyak menanam pohon dan bunga di pekaran sekolah (Green House)," jelasnya.

Melalui berbagai upaya itu, maka lingkungan Sekolah akan semakin baik dan nyaman.

"Efeknya akan terasa oleh siswa, karena suasana belajar menjadi lebih nyaman karena lingkungan sekolah juga tertata dengan rapi," tutupnya. (05)

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube