Headline News

header-int

DPRD Sampaikan Enam catatan Pada Bupati Terpilih

, 18 September 2010, 01:42:00 WIB - 850 | Kontributor : MsrPd - Administrator

Painan, September ----

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan menyampaikan enam catatan yang perlu disikapi oleh Bupati dan wakil Bupati terpilih untuk masa jabatan 2010-2015 kedepan.

Enam catatan ini disampaikan pada rapat paripurna istemewa DPRD pessel sebelum pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Bupati dan wakil bupati di GOR Zaini Zein.

Pertama, tentang pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Pesisir Selatan yang selama ini belum sepenuhnya mengacu kepada aturan-aturan yang telah ditetapkan pemerintah sebab rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) baru ditetapkan melalui peraturan bupati.

"Menurut UU Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional mengamanatkan RPJMD ditetapkan dengan peraturan daerah," Kata Ketua DPRD Pessel. Mardinas N Syair.

Kedua, Pembangunan infrastruktur belum sepenuhnya mengarah kepada ekonomi kerakyatan. Ketiga, pelaksanaan pembangunan yang belum mampu secara menyeluruh mengakomodir usulan masyarakat melalui musrembang nagari.

Keempat, Kepala-kepala SKPD yang tidak sepenuhnya memperhatikan manajemen organisasi yang dipimpinnya, terutama menyangkut kepentingan-kepentingan masyarakat secara umum.

kelima, untuk masalah kesejahteraan rakyat seperti bidang  pendididkan, kesehatan, pariwisata, transmigrasi dan tenaga kera belum mampu memberikan imbas yang positif dalam pembangunan Pessel, juga masalah potensi daerah yang belum dikembangkan secara optimal serta masih lemahnya penguasaan manajemen perangkat daerah.

Keenam, untuk masalah permodalan, keterbatasan teknologi dan pasar perlu dicari alternatif-alternatif guna mendapatkan solusi atas persoalan tersebut seperti membangun kerjasama kepada perbankan, mencari investor, mempersiapkan talangan dana untuk hasil-hasil produksi masyarakat yang dinilai dapat mempertahankan kelangsungan hidup petani.

Terhadap segala kelemahan dan kekurangan yang ada, DPRD mengajak seluruh perangkat kerja daerah untuk secara bersama-sama memperbaiki dan meningkatkan pengabdian sehingga pembangunan daerah dilaksanakan secara efektif.

Dan terhadap keberhasilan-keberhasilan yang telah dicapai selama masa jabatan periode 2005-2010, kita memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas pengabdian atau kinerja yang diberikan dalam melaksanakan pemerintahan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Sementara, Kepada bupati dan wakil bupati terpilih diminta segera melakukan konsolidasi serta merangkul seluruh elemen dan mengikut sertakan seluruh komponen masyarakat guna terciptanya akselerasi pembangunan pessel disegala bidang.

DPRD Pessel juga mengucapkan terimakasih kepala calon bupati dan wakil bupati yang ikut bertarung pada pemilihan umum kepala daerah yang telah memperlihatkan kedewasaan berpolitik, jiwa sportif dan sikap responsif terhadap keputusan yang telah dikeluarkan.(02

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube