Headline News

header-int

Dua Kementerian RI, siap bantu Pessel kembangkan KEK

Jumat, 09 Nov 2018, 08:25:48 WIB - 17 | Mario Rosy
Dua Kementerian RI, siap bantu Pessel kembangkan KEK

Pesisir Selatan, 9 November 2018

Respon serta dukungan positif ditunjukan dua Kementerian Republik Indonesia dalam Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, dalam mengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang berada di kawasan wisata mandeh berlokasi di bukik Ameh, Kenagarian Carocok Anau, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pessel. Jum' at (7/11).

Kementerian Maritim dan Kementerian Pariwisata RI siap membantu Pemkab Pessel. Dalam hal pembuatan Amdal dan Master Pland Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Hal itu diungkapkan Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, untuk mempersiapkan lokasi rencana pengembangan kawasan ekonomi khusus ini Pemkab Pessel akan menyiapkan lahan seluas 400 hektar, untuk dikembangkan sebagai KEK, di bukik Ameh, Kenagarian Carocok Anau, Kecamatan Koto XI Tarusan. Saat ini 200 hektar lahan sudah siap, sementara 200 hektar lagi dalam proses ganti ruginya.

lokasi pembangungan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) ini bukan saja menjadi tanggung jawab dari Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan saja, melainkan ini butuh dukungan dan kerjasama dalam mendukung pembebasan lahan lokasi dijadikan pengembangan KEK.

" Kita, harus bekerjasama termasuk masyarakat. Agar Pengembangan KEK bisa terwujud," tekuk Hendrojoni.

Diterangkanya, untuk lokasi pembangungan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) ini bukan saja menjadi tanggung jawab dari Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan saja, melainkan ini butuh dukungan dan kerjasama dalam mendukung pembebasan lahan lokasi dijadikan pengembangan KEK.

Jika Kawasan Ekonomi Khusus ini terbuka dan terbangun betapa besar dampak kepada masyarakat, ekonomi masyarakat bertambah, lapangan pekerjaan bisa terbuka, Pembangunan infrastruktur bertambah, meningkatkan PAD Pemkab Pessel dari kunjungan wisatawan ke lokasi kawasan tersebut. Kata Bupati Pessel.

" Saat ini ada 200 hektar tanah Nagari (Pemda), dan 200 hektar tanah Masyarakat. Untuk, itu perlu kerjasama dan dukungan sama-sama terkait pembebasan lahan (ganti - rugi),"  tegas dirinya.

Dan, apa yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan bukan hanya untuk kepentingan segelintir atau kelompok saja. Tapi, kepentingan seluruh masyarakat di Kabupaten Pesisir Selatan, khususnya berada dikawasan KEK.

Lebih jauh Hendrajoni menjelasakan, dengan rencana Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) tentu saja mempunyai dampak besar bagi Pariwisata dan Ekonomi Masyarakat di Kabupaten Pesisir Selatan. Apalagi saat ini Pemkab Pessel sedang gencar melakukan pembangunan kawasan pariwisata di Kawasan Mandeh.

Semakin majunya pariwisata di Kabupaten Pesisir Selatan, akan mampu mendongkrak PAD Daerah, serta mendongkrak kunjungan Pariwisata. Akhirnya.(01)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube