Headline News

header-int

Hasil Panen Ikan Larangan di Nagari Kapeh Panji Talaok, Akan di Berikan Buat Masjid dan Ibu - ibu Pengajian

Jumat, 18 Jan 2019, 10:08:42 WIB - 33 | Milhendra Wendi
Hasil Panen Ikan Larangan di Nagari Kapeh Panji Talaok, Akan di Berikan Buat Masjid dan Ibu - ibu Pengajian

PESISIR SELATAN, 16/1/2019
Pemerintah Nagari Kapeh Panji
Talaok, Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan, melakukan penebaran ikan larangan sebanyak 8.000 ribu ekor, Rabu (16/1).

Pelepasan jenis ikan Nila dan ikan Rayo tersebut dilepas sepanjang 150 meter di Batang Air Bayang Sani, Kampung Jambak, Kenagarian Kapeh Panji yang dilepas secara simbolis oleh ketua TP. PKK Kabupaten Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni.

Serta hadir Camat Bayang, Ilham Saputra, Sekretaris dinas Dinas Peternakan, Yosro, Walinagari Kapujan, Supardi, Walinagari Aur Begalung, Musrial, Walinagari Sawah Laweh, Nasri, Walinagari Kapelgam, ketua pemuda dan tokoh masyarakat setempat.  

Ketua Pemuda Kapeh Panji, Ilwardi mengatakan, penebaran ikan larangan tersebut guna membuat batang air menjadi bersih. Disamping itu juga penebaran ikan larangan di daerah itu hasilnya nanti akan diberikan kepada ibu - ibu pengajian, masjid, pemuda dan masyarakat.

"Bila panen nanti, hasilnya akan kita berikan buat ibu - ibu pengajian, pembangunan dan kegiatan pemuda,"kata dia.

Menurutnya, penebaran ikan larangan tersebut sangat cepat dirasakan mamfaatnya. Hal demikian dikatakan, sebab didalam pengolahan ikan larangan dalam memetik hasilnya tidak lah begitu lama untuk menunggu.

"Penebaran ikan larangan apabila berhasil tidak lama untuk menunggu. Sebab sekali tiga bulan sudah bisa untuk dipanen,"ungkapnya.

Lanjut dia menambahkan, agar ikan larangan ini terjaga akan di dirikan 'Plang Ikan Larangan'.Hal itu bertujuan bahwa di lokasi tersebut tidak boleh di ambil atau dipancing.

"Saya berharap kepada masyarakt untuk sama - sama menjaga di sepanjang pelepasan ikan larangan ini. Sehingga nanti dapat di manfaatkan hasilnya nanti secara bersama - sama,"harapnya.

Sementara itu, Ketua TP.PKK Kabupaten Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni mengatakan sangat mengapresiasi dalam melestarikan ikan air tawar tersebut.

Penebaran ikan larangan diperairan umum merupakan upaya pemerintah dan kita semua untuk melestarikan ikan air tawar kita. 

Dulunya kita dalam memenuhi lauk pauk untuk keluarga dengan memancing dan menjala diperairan umum. Tapi sekarang sulit untuk didapatkan karena populasi  ikan air tawar di perairan berkurang akibat diracun, sentrum dan lainya.

"Saya berharap melalui ikan larangan ini bisa meningkatkan kembali atau Restocking populasi ikan air tawar kita diperairan umum,"harapnya   
Dikatakanya, dengan melalui ikan larangan tersebut dan bila memanen  hasilnya dapat dimamfaatkan dalam kegiatan sosial seperti pembangunan masjid, mushola dan kegiatan sosial kemasyarakat lainya.

"Ternyata ikan ini unik, sehingga hasilnya nanti dapat di mamfaatkan. Saya berharap kegiatan ini harus dapat di kembangkan dan terus berkelanjutan,"harapnya.(18)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube