Headline News

header-int

Hendrajoni Ajak Masyarakat Kembali Kesurau Untuk Mewujudkan Hidup Beragama

Kamis, 15 Maret 2018, 12:41:07 WIB - 309 | Kontributor :

Hendrajoni Ajak Masyarakat Kembali Kesurau Untuk Mewujudkan Hidup Beragama

Painan,15-3-2018--Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni berkeinginan serta mengajak masyarakat kembali kesurau untuk mewujudkan kehidupan beragama dan beradat disetiap nagari yang tersebar di negeri berjulukan sejuta pesona ini. 

Dikatakan bupati, dari literatur dapat dimaknai bahwa, kehidupan ini tidak lepas begitu saja tanpa kendali. Berangkat dari pribadi sendiri, maka perlu melakukan evaluasi diri untuk memantapkan pikirian dan jiwa, sehingga maksud untuk mewujudkan pemahaman, dan pengamalan nilai-nilai keislaman, dan nilai adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah (ABS-SBK) dapat tercapai
secara sederhana, penerapan ini adalah upaya kita untuk lebih menggairahkan semangat Baliak Kasurau.

Secara fisik atau zahir, masjid atau surau diramaikan, dan secara substantif adalah bagaimana menghidupkan terus pendidikan surau, yang memuat olah hati, rasa, fikir, dan raga," ujar bupati melalui via telepon Kamis (15/3/2018).

Ia menjelaskan, untuk menjadi perhatian terhadap kembali kesurau merupakan sebagai alat kontrol, yaitu optimalisasi pendidikan informal Al-qur'an. 

Peningkatan peran masjid atau surau sebagai sentra kehidupan sosial masyarakat. Pelaksanaan perlindungan atas kampung, dan masyarakat nagari. 

Lanjut bupati menuturkan, peningkatan rasa kepedulian sosial ukhuwah islamiyah, kekeluargaan dan gotongroyong. Penerapan adat, seni budaya dan olahraga sesuai dengan filosofi adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah. Peningkatan peran serta lembaga, dan organisasi masyarakat. Peningkatan kesalehan individu, dan sosial.

"Untuk memulai kegiatan itu, secara menyeluruh, terlebih dahulu diperlukan penyamaan pemahaman, dan semangat seluruh unsur lapisan masyarakat Pessel, dalam mewujudkan kehidupan beragama, dan beradat dengan filosofi ABS-SBK,"tutupnya,(12) 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube