Headline News

header-int

Hendrajoni Harapkan Ikaboga Pessel Dorong Kuliner Tradisional

Kamis, 26 April 2018, 11:28:05 WIB - 339 | Kontributor :

Hendrajoni Harapkan Ikaboga Pessel Dorong Kuliner Tradisional

Painan,26,4,2018--Ikatan Ahli Boga Indonesia (Ikaboga) Kabupaten Pesisir Selatan diharapkan tampil menjadi mitra pemerintah daerah dalam menumbuhkembangkan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salahsatu caranya, mendorong dan memajukan kuliner tradisional agar lebih dikenal hingga ke luar daerah, nasional bahkan diharapkan populer hingga ke luar negeri.

"Daerah kita memiliki banyak makanan tradisional yang unik seperti randang lokan, minuman kawa, teh gambir dan lainnya. Kita berharap Ikaboga menjadi mitra pemerintah dalam melaksanakan pembangunan di bidang boga dan jasa boga," ungkap Hendrajoni Kamis (26/4/2018) melalui via telepon. 

Menurut Hendrajoni, beragam potensi kuliner itu jika dikelola dengan baik dipastikan akan memiliki nilai tambah dan diharapkan mampu mengangkat perekonomian masyarakat. Selain melestarikan dan meningkatkan kualitasnya, berbagai kuliner spesifik di negeri sejuta pesona ini hendaknya juga dipatenkan agar tidak diklaim oleh daerah lain seperti yang dialami berbagai produk dan kesenian lain.

"Agar berbagai kuliner tradisional itu berdaya saing, tentunya kita butuh pelatihan dan bimbingan dari ahlinya seperti Ikaboga," ujar Hendrajoni.

Lanjut Hendrajoni penyampaiannya  dengan adanya Ikaboga turut membantu dalam akselerasi penuntasan berbagai program pembangunan seperti peningkatan derajat kesehatan masyarakat, maupun peningkatan sosialisasi pola hidup bersih dan sehat serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Disamping itu Ikaboga juga dapat memberdayakan perempuan dalam hal kerohanian, pendidikan, bidang hukum dan HAM sesuai visi misi organisasi kaum ibu ini.

"Ikaboga diharapkan bisa menjadi sumber inspirasi, harapan dan kekuatan bagi masyarakat dalam memberdayakan potensi yang dimiliki, baik dalam keluarga, karir, organisasi maupun dalam kehidupan sehari-hari," terang Hendrajoni. 

"Tujuan organisasi Ikaboga ini untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dengan cara melestarikan kuliner tradisional daerah," ungkapnya,(12)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube