Headline News

header-int

Ikan Teri Komoditi Andalan Tarusan

Rabu, 14 Feb 2018, 07:40:37 WIB - 62 | Elfi Mahyuni, SH

Painan,Februari -- Salah satu daerah penghasil ikan teri terbesar adalah Kecamatan Koto XI Tarusan sebab banyak kapal bagan yang beroperasi mencapai 100 unit. Dan kualitasnya juga sangat bagus .Bahkan ikan teri daerah ini menjadi cendera mata bagi wisatawan yang berkunjung ke Kawasan Mandeh .

 

Harga ikan teri Pessel berkisar Rp 80 ibu hingga Rp 100 ribu.Ikan teri produksi asal Pessel  umumnya direbus di tengah laut agar mutunya lebih baik, dan pengeringannya baru dilaksanakan daratan .Perajin ikan teri membeli ikan dari pemilik bagan di tengah laut. 

 

Salah seorang nelayan Ardison (43 ) warga Anau Cerocok Kecamatan Koto XI Tarusan mengungkapkan dirinya memiliki Bagan yang setiap harinya mencari ikan teri ketengah laut . Dan ikan teri yang didapatkannya itu langsung direbusnya ditengah laut untuk mendapatkan kualitas terbaik dari ikan teri . Baru setelah sampai didaratan dia menjemur hasil rebusan tersebut . 

 

Bahkan dia juga ikut  membeli ikan teri yang direbus di tengah laut bagan lainnya harga yang harus dikeluarkan setiap keranjang ilkan teri yang telah direbusnya berkisar Rp 60 ribu hingga Rp 70 ribu .Hasil tangkapan yang didapatkan tidak bisa dipastikan .

 

Diterangkannya jika ikan teri siap di rebus dibelinya dengan harga Rp 60 ribu/kgnya setelah dijemurnya hingga kering, Dibantu oleh istrinya Wati 40 selanjutnya ikan teri itu dipisahkan dari campuran ikan jenis lainnya seperti maco dan jenis lainnya baru setelah itu dikemas atau lama pengeringan memakan waktu 1 hari atau lebih tergantung cuaca.Jika hasil rebusan bisa kering satu hari makan kualitas akan semakin baik,jika tidak kualitas menurun dan harga yang didapatkan  juga berkurang .

 

Nantinya ikan teri super ini dijual ke pada pengumpul yang berada di Padang dengan harga Rp 80 ribu per kilonya hingga Rp 100 ribu .Setiap harinya ikan teri produksinya akan diantarkan ke Padang .Ardison mengaku setiap harinya dia bisa mendapatkan keuntungan berkisar Rp 300 ribu hingga Rp 1 juta tergantung dengan produksi ikan teri dan hasil tangkapan nelayan."Jika cuaca tidak baik dan hasil tangkapan nelayan berkurang maka produksi ikan teri sedikit bahkan merugi karena kualitas menurun karena kurangnya terkena cahaya matahari," ujarnya 

 

Senada disampaikan Malin 50 salah seorang pengumpul di Cerocok Tarusan , menuruntya setiap harinya dia membeli hasil tangkapan nelayan dan setelah dikeringkannya akan kembali dijualnya ke Padang . (07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube