Headline News

header-int

Isi Kegiatan Nagari, Pemuda Sariek Rawang Lestarikan Kesenian Budaya

Minggu, 14 Jan 2018, 11:29:42 WIB - 103 | Indra Yen Putra
Isi Kegiatan Nagari, Pemuda Sariek Rawang Lestarikan Kesenian Budaya

Peisir Selatan-- Sanggar IPPDS (Ikatan Pemuda Pelajar Desa Sariek) Sariek, Rawang Gunuang Malelo, Kecamatan Sutera, Pessel. Inisiatif anak muda dalam melestarikan kesenian tradisional berhasil menghidupkan kampung Sariek. Sabtu, (13/1/2018).

Meski baru berdiri, sanggar yang berdiri 4 Januari 2018 itu telah mengundang perhatian masyarakat, beserta pihak terkait, dan menjadi unsur pertimbangan Pemerintahan Nagari dan juga Tokoh-tokoh masyarakat di nagari Rawang.

"Kami memulainya dengan swadaya masyarakat. Karena baru berdiri, jadi kami fokus latihan randai dulu sesuai kesepakatan bersama. "Ungkapnya Hengki Ketua Sanggar IPPDS.

Meski hanya dua kali latihan, menurut Hengki, sanggar sudah mendapat tempat di mata masyarakat. Hal ini terlihat dari antusias masyarakat dalam menyaksikan kegiatan seni itu. Anak-anak pun diserahkan sebagai anggota randai.

"Anak-anak randai (peserta) kita, sudah mencapai 50 orang. Untuk memusatkan latihan, setiap hari Jum'at malam," jelasnya.

Hengki melanjutkan, selain bertujuan untuk meramaikan kampung dan juga untuk melestarikan sebuah seni beserta kearifan lokal yang kita miliki, itu juga bisa mengantisipasi maraknya Perkembangan gengster di kecamatan sutera. Tutupnya(16).

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube