Headline News

header-int

Jagung Komoditi Unggulan Pessel Setelah Padi

Kamis, 15 Maret 2018, 15:55:27 WIB - 787 | Kontributor : Yoni Syafrizal

Jagung Komoditi Unggulan Pessel Setelah Padi

Painan, 15 Maret 2018--Selain padi, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) menjadikan jagung sebagai komoditi unggulan. Upaya itu dilakukan, sebab selain memiliki nilai ekonomi yang tinggi, potensi pengembanganya bisa dilakukan di semua kecamatan yang ada.

Upaya yang sudah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir adalah melalui program pengembangan jagung hibrida dari 10 ribu hektare tahun 2016, menjadi 15 ribu hektare tahun 2017. Upaya itu juga dilakukan memasuki tahun 2018 ini.  

Kepala Dinas  Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Pessel, Jumsu Trisno kepada pesisirselatan.go.id Kamis (15/3) mengatakan kepada pesisirselatan.go.id pengembangan jagung hibrida yang dilakukan sejak tahun 2016 itu tercapai berkat bantuan pusat.

" Jagung merupakan salah satu komoditi utama tanaman pangan yang mempunyai peran strategis dalam pembangunan pertanian dan perekonomian bangsa. Karena memliki peran yang sangat strategis ini, sehingga tanaman ini dijadikan sebagai unggulan setelah padi," katanya.
 
Dikatakan lagi bahwa komoditi itu menjadi penyumbang ke dua setelah padi terhadap PDRT nasional.

" Ini memang karena kebutuhan masyarakat terhadap jagung sangat tinggi dan juga multiguna. Dengan capaian produksi bisa mencapai  sebesar 10,8 ton per hektare sebagai mana saat ini, maka diyakini dua tahun mendatang Pessel akan menjadi daerah pemasok utama di Sumbar," ungkapnya optimis.

Berdasarkan harapan itu, sehingga dia berharap kepada petani untuk terus melakukan pengembagan tanaman jangung dengan cara tidak menelantarkan lahan. Upaya itu bisa dilakukan melalui sitem tanam silang dari padi, ke tanaman jagung dan lainya.  

Ditambahkanya bahwa tahun 2017 produksi jagung sebanyak 111.808 ton dengan luas tanam 16.641 hektare.

" Pengembanganya dilakukan pada 15 kecamatan yang ada, dengan tetap memprioritaskan kecamatan-kecamatan yang dijadikan sebagai sentra. Diharapkan memasuki tahun 2018 ini, peningkatan produksi bisa melebihi dari tahun lalu," tutupnya. (05) 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube