Headline News

header-int

Jika Bertahun Baru ke Mandeh, Jangan Lupa Kunjungi Tempat Ini

Senin, 31 Desember 2018, 09:11:30 WIB - 405 | Kontributor : Kiki Julnasri Priatama
Jika Bertahun Baru ke Mandeh, Jangan Lupa Kunjungi Tempat Ini

Pesisir Selatan, 31/12/2018-- Objek wisata bahari di Nagari Sungai Pinang yang terdapat di kawasan wisata bahari terpadu (KWBT) Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat bisa jadi salah satu destinasi favorit dilibur akhir tahun ini.

Bagi pengunjung untuk sampai di Nagari Sungai Pinang, bisa melalui Bungus Padang dengan jarak tempuh sekitar 1.5 jam dari pusat kota mengunakan kendaraan. Selain jalur darat, juga bisa ditempuh melalui laut dengan kapal dari muara Padang dengan jarak tempuh sekitar 2 jam perjalanan. 
Ketua Anak Desa Sungai Pinang (Andespin), David mengatakan, sejauh pengembangan kawasan Mandeh, saat ini akses ke Sungai Pinang sudah didukung dengan terbukanya jalan di daerah ini. Terbukanya akses Padang- Mandeh menjadikan transportasi wisatawan lebih dekat dan lancar ke Sungai Pinang.

"Biasa wisatawan harus keliling, sekarang sejak jalan terbuka akses lebih mudah. Dan lebih cepat," sebut David Andespin, Minggu (30/12).

Pesona Sungai Pinang memang tidak bisa diragukan lagi, semenjak Mandeh dikembangkan. Sungai Pinang merupakan salah satu, potensi wisata bahari yang tidak bisa dilengah para pengujung. Karena di Sungai Pinag terdapat bermacam tempat rekreasi serta edukasi.

Menurut David, salah satu rekreasi yang  bisa dinikmati adalah dengan ikut menjadi pelaku edukasi dan konservasi lingkungan. Karena di sini, terdapat pemuda-pemuda nagari yang aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan.

"Kalau untuk wisata umum, ada mandi-mandi air laut, keliling pulau, nyelam. Dan bagi yang suka wisata edukasi, kami dari anak Sungai Pinang menyiap tempat untuk konservasi," terangnya.

Secara topografis, Sungai Pinang memiliki luas wilayah pantai denga 1.352 jiwa penduduk di dalam permukiman dua Kampung. Dan Sungai Pinang memiliki letak jarak yang tidak jauh dari pulau-pulau yang ada, seperti, Pulau Pagang, Pulau Bintangur, Pulau Karanggo, Pulau Marak, dan Pulau Nyamuk.

"Juni, Juli dan Agustus itu paling banyak pengujung dari Bule. Kalau libur akhir ini, lebih dominan wisatawan domestik dari luar Pessel. Ada yang menginap dan ada juga yang langsung balik," terangnya.

Kata David, jika berwisata berhari-hari ke Sungai Pinang, wisatawan tidak hanya bisa menginap di rumah (home stay) warga. Tetapi, untuk pengunjung yang hobi traveling dengan alam terbuka, bisa juga dengan menggunakan tenda.

"Menggunakan tenda juga asik, dan kebanyakan saat ini yang menggunakan tenda dari komunitas. Dan kami di sini sangat welcom untuk setiap pengunjung. Intinya pengujung bisa diberi pengarahan,"terangnya. (08)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube