Headline News

header-int

Jumlah Kunjungan Wisatawan Ke Pessel Meningkat

Rabu, 12 Juni 2019, 19:50:07 WIB - 1911 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Jumlah Kunjungan Wisatawan Ke Pessel Meningkat

Pesisir Selatan --- Kabupaten Pesisir Selatan mendapat kunjungan paling tinggi sebesar 795.747 wisatawan selama libur lebaran menungguli Kota Padang 330.000 wisatawan, di susul Kota Pariaman 226.993 wisatawan dan Bukittinggi 192.242 wisatawan. Sementara kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) sebanyak 264 orang.

Dan kawasan yang kunjungan tertinggi masih didominasi oleh Kawasan Pantai Cerocok Painan dan Kawasan Mandeh, Pantai Batu Kalang, Jembatan Akar, Bayang Sani, Pasir Putih Kambang dan beberapa kawasan wisata yang dikelola oleh nagari .

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan olahraga Hadi Susilo Rabu(12/5) mengungkapkan khusus untuk jumlah kunjungan wisatawan ke Kawasan Pantai Cerocok Painan bisa dilihat dari karcis yang terjual setiap harinya . Bahkan tidak semua pengunjung yang menyeberang ke Pulau cingkuak sehingga jumlah kunjungan bisa meningkat.

Khusus untuk Kawasan Mandeh jumlah kapal/boat yang membawa wisatawan setiap harinya mencapai 300 boat. Dan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kawasan Mandeh setiap harinya mencapai 50 ribu. Jumlah kunjungan ini belum termasuk jumlah wisatawan yang hanya berkunjung ke Batu kalang , muaro Banting Pulau Karam yang juga berada di Kawasan Mandeh .

"Potensi pariwisata yang dimiliki oleh Kabupaten Pesisir Selatan telah membuat daerah ini menemukan mutiara yang telah lama hilang,sebab dengan potensi yang dimiliki daerah ini telah banyak yang merasakan manfaatnya.Apalagi pariwisata Pessel telah memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat, sekaligus memberikan pemasukan bagi daerah," ujarnya .

Mengakui pariwisata telah menjadi icon kabupaten ini. Sebab, dari waktu ke waktu terus berkembang serta berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat apalagi semenjak 4 tahun belakangan ini apalagi potensi pariwisata telah mendapatkan pendapatan yang menguntungan .Kendati begitu Pemerintah Daerah akan terus melakukan peningkatan dan pembenahan pada setiap objek wisata baik sarana dan prasarana maupun pelayanan dan pengamanan.

"Kita ingin menciptakan suasana wisata yang paling indah, aman dan nyaman. Bagaimana pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan aman dan nyaman. Itu merupakan kunci utama agar objek wisata selalu dikunjungi sehingga memberikan kontribusi bagi perekonomian masyarakat serta pemasukan bagi daerah",ujarnya.

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube