Headline News

header-int

Kadis Dukcapil : Pemkab Komit Sukseskan Tiga Program Strategis Nasional Bidang Dukcapil

Jumat, 20 Juli 2018, 09:59:58 WIB - 245 | Kontributor : Marlison

PESISIR SELATAN, 20/7/2018-Pemkab Pessel berkomitmen menyukseskan tiga program strategis nasional dalam bidang kependudukan dan pencatatan sipil. "Ketiga program itu adalah pemutakhiran data kependudukan, penerbitan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan penerapan KTP elektronik (E KTP)," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pessel, Eva Fauza Mansarin, Jumat (20/7) di Painan.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, tertib administrasi kependudukan dan pencatatan sipil terus dilaksanakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pesisir Selatan.

Kemudian dalam mengupayakan target kepemilikan KTP elektronik (e-KTP), maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melalui kegiatan percepatan perekaman e-KTP, pelayanan penerbitan Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran dilakukan hingga ke nagari-nagari dan SLTA.

"Hal itu dilakukan untuk mendekatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat walaupun dilakukan hingga larut malam. Semoga, target kepemilikan dan perekaman e-KTP serta dokumen kependudukan lainnya dapat tercapai sesuai target yang diinginkan," ulasnya.

Pihaknya juga terus memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat dalam pengurusan berbagai dokumen kependudukan. Selain itu ia mengapresiasi kerja keras yang dilakukan petugas yang memberikan pelayanan kepada masyarakat hingga ke tingkat nagari, meskipun dilakukan sampai larut malam, ucapnya.

Ia menambahkan, kini data kependudukan memegang peran penting dalam menentukan kebijakan, perencanaan dan evaluasi hasil pembangunan bagi pemerintah. Oleh karena itu, ketersediaan data kependudukan di semua tingkat administrasi pemerintahan menjadi faktor kunci keberhasilan program-program pembangunan. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube