Headline News

header-int

Kadis Kesehatan : Forum Nagari Siaga Diaktifkan Untuk Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat

Selasa, 17 Apr 2018, 11:37:41 WIB - 48 | Marlison

PESISIR SELATAN, Peran Forum Nagari Siaga sangat penting dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan. Oleh karena itu, Forum Nagari Siaga yang ada di sejumlah nagari perlu diaktifkan kembali. Kemudian semua pihak diminta memiliki kepedulian terhadap Nagari Siaga tersebut.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan, dr.Satria Wibawa, Selasa (17/04) di Painan. Lebih lanjut dikatakan, walinagari, perangkat nagari, Tim Penggerak PKK Nagari, tokoh masyarakat dan unsur terkait lainnya mesti berperan mengaktifkan Nagari Siaga.

Disebutkan, melalui Nagari Siaga tentu  masyarakat akan lebih memahami tentang pentingnya kesehatan. Kemudian masyarakat akan menjadi mandiri dalam meningkatkan kesehatan keluarga.

Oleh karena itu, diharapkan Bidan Desa dapat berkoordinasi dengan walinagari serta terjun langsung memberikan sosialisasi tentang peran Nagari Siaga ke masyarakat.

Kemudian setelah adanya forum nagari siaga tentu  dapat  ditingkatkan menjadi Forum kecamatan siaga.
Dalam hal ini, peran Bidan Desa, kader nagari siaga, Tim Penggerak PKK Nagari dan unsur lainnya sangat dituntut untuk berperan aktif melakukan pembinaan dan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat.

Pasalnya masih ada sebagian masyarakat yang belum memahami tentang pentingnya kesehatan dalam kehidupan keluarga, makanya perlu diberikan penyuluhan.

Dikatakan, menangani kesehatan merupakan tangggung jawab bersama. Dengan adanya forum nagari siaga  akan dapat memberikan dampak positif  terhadap pembangunan, terutama pembangunan kesehatan masyarakat. (03)

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube