Headline News

header-int

Kamis,Kesbangpol Lakukan Simulasi Gempa

, 29 September 2010, 12:17:00 WIB - 810 | Kontributor : MsrPd - Administrator

Painan, September----

Kantor Kesbangpol Linmas Kabupaten Pesisir Selatan akan melakukan simulasi gempa dan tsunami yang dimulai
secara serentak pukul 09.00 WIB bertempat dipengungsian tsunami yang terdapat di kawasan olahraga Medan Bapaneh Rawang Painan, Kamis (30/9).

"Kegiatan ini dilakukan untuk memperingati Satu tahun peristiwa gempa 30 September yang bertepatan besok," kata Kepala Kantor Kesbangpol dan Linmas Pessel, Suardi diruangannya.

Kegiatan ini melibatkan masyarakat dari tiga nagari yang masuk pada program nagari siaga bencana seperti nagari Sago, Salido dan Surantih kecamatan Sutera terlaksana berkat kerjasama LSM Kogami (komonitas Gempa dan Tsunami), Dandim 0311 Pesisir Selatan bersama pemerintah daerah kabupaten Pesisir Selatan.

Sedangkan sesuai skenario, simulasi ini akan melibatkan seribu masyarakat termasuk pelajar di tiga nagari itu. "sekolah yang akan ikut pada simulasi ini adalah siswa SMK N Kelautan Sago, MAN, SMA N 1 Painan dan MTs Salodo.  Sedangkan di nagari Surantih, selain masyarakat juga dari siswa SMA N 1 Sutera," ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB pagi akan dikomandoi dari kota Painan, tepatnya di tempat pengungsian tsunami. "Komando serentak yang dilakukan melalui aba-aba kodim ini, akan diringi dengan bunyi serine dari mobil ambulan secara serentak ditiga nagari," ucapnya.

Melalui simulasi, Pemkab berharap pengetahuan kesiagaan dari masyarakat dalam menghadapi gempa dan tsunami akan lebih mantap untuk mengurangi dampak yang tidak diinginkan.(02

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube