Headline News

header-int

Kapuh Manfaatkan Bantuan Bumnag Untuk Usaha Ekonomi Warga

Minggu, 14 Jan 2018, 11:22:11 WIB - 48 | Elfi Mahyuni, SH

Painan, Kenagarian Kapuh Kecamatan Koto XI Tarusan mendapatkan bantuan dana stimulan Rp 50 juta dari  Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi RI guna penguatan modal Badan Usaha Milik  Nagari(Bumnag) nya Sabai Nan Aluih guna meningkatkan pendapatan nagari . Bantuan ini diberikan langsung oleh Bupati Pessel Hendrajoni kepada Walinagari Kapuh Ezman Senin (8/1) kemarin di halaman kantor bupati usai apel pagi .

 Walinagari Kapuh Ezman mengungkapkan bantuan yang diterima nagarinya tersebut akan di manfaatkan untuk penambahan modal Bumnag Sabai Nan Aluih. Dimana jr is usaha yang akan dilanjutkan adalah penambahan modal jual beli Gas 3 Kg,Penjualan alat Bangunan ,peningkatan usaha ekonomi kelompok perempuan dan pengembangan usaha kepariwisataan. 

"Pada tahun 2017 lalu dari dana desa telah di alokasikan dana sebesar Rp 50 juta untuk memulai pengoperasian Bumnag . Dan pada tahun 2018 ini juga akan ditambahkan lagi dari dana desa Rp 200 juta lagi ," ujarnya 

Di jelaskan nya Bumnag nagari Kapuh adalah satu satunya Bumnag di Kecamatan Koto XI Tarusan yang telah berjalan  . Dan pihak Kenagarian mendukung penuh pengembangan Bumnag ini kedepannya sebab ini akan menambah pendapatan nagari kedepannya . 

"Kita sangat berharap kedepannya Bumnag ini bisa berkembang pesat dan penyertaan modal ini bisa menambah kemampuan modal Bumnag dalam mengembangkan usaha usaha ekonomi lainnya " ujarnya 

Dimana kepengurusan Bumnag dan sekretariatnya telah ada dan telah menjalankan aktifitasnya dengan baik . (07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube