Headline News

header-int

Kecamatan Bayang dan Bayang Utara Menjadi Sentra Sayur Pessel

Rabu, 17 Oktober 2018, 09:24:32 WIB - 1077 | Kontributor : Yoni Syafrizal

Pesisir Selatan, 17 Oktober 2018--Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultuta dan Perkebunan (Distanhortbun) lakukan pemetaan atau pengelompokan kawasan berbasis potensi.

Upaya itu bertujuan untuk memberikan jaminan stok, serta juga meningkatkan kepercayaan konsumen agar membeli hasil produksi petani menurut harga pasar di daerah itu.

Kepala Distanhortbun Pessel, Jumsu Trisno mengatakan kepada pesisirselatan.go.id Rabu (17/10) bahwa pihaknya memang terus mendorong masyarakat petani di daerah itu agar memiliki kawasan sentra produksi.

" langkah ini sudah semestinya dilakukan agar Pessel  memiliki kawasan-kawasan produksi unggulan sesuai dengan potensi yang dimiliki. Terutama sekali di sektor pertanian dan perkebunan.  Sebab pola ini akan memberikan dampak keuntungan bagi petani dalam mendapatkan jaminan pasar," katanya.

Dijelaskanya bahwa khusus  perkebunan kelapa sawit, potensi besarnya ada di Kecamatan Airpura, Pancungsoal, Basa Ampek Balai, Ranah Ampek Hulu, Lunang dan Kecamatan Silaut.  

Sedangkan produksi padi berada pula dibagian tengah hingga utara yang meliputi kecamatan Linggo Sari Baganti, Ranahpesisir, Lengayang, Sutera, Batangkapas, IV Jurai, Bayang dan Koto XI Tarusan.

" Khusus tanaman sayur-sayuran, ada  di bagian timur yang meliputi sebagian Kecamatan Bayang, dan Kecamatan Bayangutara. Karena potensi itu, sehingga dua kecamatan ini ditetapkan sebagai sentra sayuran di Pessel," ujarnya.

Diungkapkanya bahwa jenis sayuran yang dikembangkan di dua kecamatan itu adalah bawang merah, col, markisa, tomat, cabai, buncis, dan lainya.  

" Berbagai jenis sayuran itu bisa dikembangkan, sebab kecamatan Bayang dan Bayangutara berada pada daerah ketinggian dengan iklim yang dinggin dan curah hujan tinggi. Pada dua kecamatan ini potensi pengembangan lahannya mencapai 5000 hektare," tutupnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube