Headline News

header-int

Kegiatan TMMD Ke-103 Tahun 2018 Resmi Ditutup Danlantamal II Padang

Selasa, 13 Nov 2018, 12:16:52 WIB - 28 | Marlison
Kegiatan TMMD Ke-103 Tahun 2018 Resmi Ditutup Danlantamal II Padang

PESISIR SELATAN, 13/11/2018-Kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-103 tahun 2018 di Nagari Lakitan Tengah, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), resmi ditutup oleh Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Agus Sulaiman,  Selasa (13/11).

Pada kesempatan itu hadir Bupati Pessel, Hendrajoni, Anggota DPRD Sumbar, Saidal Masfiyuddin, Dandim 0311/Pessel, Letkol Arh Wahyu Akhadi, kepala  perangkat daerah, pemuka masyarakat dan undangan lainnya.

Agus Sulaiman pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi pada gubernur, bupati dan masyarakat yang telah mendukung berbagai kegiatan pembangunan daerah melalui TMMD .

Disebutkan, penutupan berlangsung serentak seluruh Indonesia,  dan TMMD dilaksanakan tiap tahun. Sedangkan di Pesisir Selatan dipusatkan di Kenagarian Lakitan Tengah yang dibuka pada 15 Oktober serta berakhir pada 13 November 2018.

TMMD kali ini mengangkat tema TNI manunggal rakyat dalam mewujudkan desa yang maju, sejahtera dan demokratis.

Dikatakan, program TMMD ini secara nasional difokuskan pembangunan infrastruktur pedesaan, berupa pembukaan jalan baru sepanjang 52 km lebih, peningkatan badan jalan sepanjang total 326 km, rehabilitasi jembatan, rehabilitasi rumah ibadah dan sekolah serta perbaikan rumah tidak layak huni dan sanitasi, ulasnya.

"Disetiap kegiatan TMMD ini, kita dapat melihat semangat gotong royong yang terpancar disetiap wajah sekaligus cucuran keringat masyarakat dan aparat yang bersama-sama di lapangan," katanya.

Hal itu menjadi refleksi kekuatan yang sangat besar dari segenap komponen bangsa yang memiliki visi, misi dan tujuan bersama guna mengatasi berbagai persoalan pembangunan serta problematika kesejahteraan masyarakat.

Kemanunggalan ini merupakan aktualisasi peran TNI dalam mewujudkan seluruh potensi wilayah dan masyarakat sebagai pendorong kemajuan bangsa, yang bermuara pada terbentuknya kekuatan pertahanan nasional yang kokoh.

"Dengan telah berakhirnya TMMD ke-103 ini diharapkan kepada semua anggota Satgas mempertahankan kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dan rakyat, tingkatkan semangat untuk bekerja dan membangun bersama, sebagai realisasi semangat gotong royong yang merupakan warisan asli bangsa kita," pintanya.

Sementara Bupati Pessel, Hendrajoni mengatakan, kegiatan TMMD berdampak positif terhadap masyarakat. Sebab melalui kegiatan TMMD tersebut dibangun infrastruktur jalan, perbaikan sarana ibadah, sekolah, pembangunan rumah layak huni dan sebagainya.

"Kita menyampaikan terima kasih kepada TNI yang telah melakukan bakti melalui TMMD. Kita  akan melanjutkan kegiatan tersebut. Karena kegiatan TMMD sangat bermanfaat untuk masyarakat," ucapnya.

Ditambahkan, melalui kegiatan TMMD akan membangkitkan semangat gotong royong dikalangan masyarakat. Kedepan semangat gotong royong akan terus ditingkatkan sehingga pembangunan nagari dapat dilaksanakan secara maksimal, tukasnya. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube