Headline News

header-int

Kemampuan KSB Dalam Menghadapi Bencana Perlu Terus Ditingkatkan

Selasa, 05 Des 2017, 16:13:44 WIB - 82

Agar bisa bergerak cepat, tanggap, dan profesional dalam menjalankan misi kemanusian di lapangan, maka kemampuan anggota Kelompok Siaga Bencana (KSB) perlu terus ditingkatkan, termasuk juga di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Kepala BPBD Pessel, Pri Nurdin dengan didampingi sekretaris, Khairul Efendi mengatakan kepada pesisirselatan.go.id Selasa (5/12) bahwa untuk memaksimalkan penanganan ketika terjadi bencana, pihaknya juga melakukan peningkatan kemampuan dan memberdayakan masyarakat melalui pembentukan KSB.

Upaya itu dilakukanya, karena Pesel secara geografis dan tofografis memiliki tingkat kerawanan bencana yang tinggi. Dikatakan tinggi, karena ancamanya bukan saja banjir, tanah longsor, abrasi pantai, angin kencang dan kebakaran hutan, tapi juga gempa yang disertai tsunami.

" Karena kondisi itu, sehingga kehadiran KSB perlu terus diberdayakan dalam menjawab penanganan berbagai potensi bencana. Karena kehadiran KSB yang telah tersebar di 182 nagari sebagaimana saat ini, memang diharapkan bisa  optimal menjalankan tugas, fungsi dan misi sosialnya di lapangan," katanya.

Ditambahkanya bahwa KSB yang berada di masing-masing, juga didorong untuk memberikan pelatihan dan sosialisasi kepada masyarakat dalam mengenalkan apa itu bencana, serta upaya yang harus dilakukan bila bencana itu terjadi.

Dikatakan pula bahwa untuk kegiatan pelatihan manajemen posko, SAR dan operasional bagi anggota KSB yang tersebar di 182 nagari dengan jumlah anggota sebanyak 4.550 orang, setidaknya membutuhkan anggaran lebih kurang Rp 4 miliar per tahun.

Karena membutuhkan anggaran yang besar, sehingga dia berharap kehadiran KSB yang sudah terbentuk di semua nagari itu mendapatkan perhatian pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), terutama dalam pengalokasian anggaran.

" Tujuanya agar  kegiatan pelatihan manajemen posko dan pelatihan SAR bagi anggota KSB bisa dilakukan secara maksimal sebagai mana diharapkan.Harapan ini saya sampaikan, karena anggaran kegiatan dan operasional KSB sebexar itu, tidak mampu tertampung melalui APBD kabupaten. Makanya butuh perhatian dari pemerintah pusat, dalam hal ini BNPB. Sebab pembentukan KSB ini adalah menindaklanjuti UU No 24 tahun 2017 pasal 45 ayat (2) tetang kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana alam," tutupnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2017 Dinas Komunikasi dan Informatika. Follow Me : Facebook Youtube