Headline News

header-int

Kementerian Agraria Anggarkan Dana Rp1,5 Miliar Sukseskan PTSL di Pesisir Selatan

Selasa, 13 Feb 2018, 09:36:23 WIB - 50 | Didi Someldi Putra

Painan - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN) menganggarkan dana ke BPN Kabupaten Pesisir Selatan Rp1,5 miliar untuk menerbitkan sertifikat tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sepanjang 2018.

"Tahun ini BPN Pesisir Selatan ditarget menerbitkan 4.650 lembar sertifikat melalui PTSL, mendukung pelaksanaannya kami dikucurkan anggaran Rp1,5 miliar," kata Ketua Tim PTSL Pesisir Selatan, Aguslim di Painan, Selasa (13/2).

Ia menambahkan 4.650 lembar sertifikat itu hanya akan diterbitkan untuk masyarakat yang memiliki tanah di lima nagari di Kecamatan Batang Kapas.

Nagari itu diantaranya IV Koto Hilie, Koto Nan Duo IV Koto Hilie, Koto Nan Tigo IV Koto Hilie, IV Koto Mudiek dan IV Koto Mudiek. Jika tidak tercapai maka penerbitan sertifikat akan dipindahkan ke nagari lain.

"Itu bedanya prona dengan PTSL, jika prona bisa dilaksanakan di seluruh nagari namun PTSL hanya fokus pada satu lokasi saja. Jika tidak bisa tercapai di lokasi yang ditunjuk baru penerbitan sertifikat bisa dilaksanakan di nagari lain," ujarnya.

Ia menyebutkan PTSL merupakan program pemerintah dalam upaya memberikan masyarakat kemudahan untuk mendapatkan sertifikat kepemilikan tanah.

"Yang penting persyaratannya lengkap maka sertifikat kepemilikan tanah bisa diproses," katanya.

Penerbitan sertifikat tanah melalui PTSL pada tahun ini lebih banyak di banding 2017, waktu itu Pesisir Selatan hanya mendapat jatah 1.300 lembar sertifikat saja. sementara daerah penerbitan sertifikat itu ialah Kecamatan Lengayang, IV Jurai dan Bayang.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube