Headline News

header-int

Kenalkan Potensi Pariwisata, melalui Parade Tangkuluak Se Kabupaten Pessel

Rabu, 12 Desember 2018, 11:34:25 WIB - 230 | Kontributor : Mario Rosy

Pesisir Selatan, 12 Desember 2018

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan mengenalkan potensi pariwisata di Pesisir Selatan melalui event parade budaya Tangkuluak antar Nagari Adat Se- Kabupaten Pessel. Rabu (12/12).

Pada rapat teknis persiapan pelaksanaan parade Tangkuluak antar nagari Adat Se- Kabupaten Pessel, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga menghadirkan beberapa orang pemateri yang berkopeten di bidangnya, sepeti Adat, Syarat, Desainer (pakaian) dan menu. 

Menurut Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pessel Mawardi Roska dalam paparanya dihadapan bundo kandung dan Ketua KAN di Pessel mengatakan, di era sekarang ini banyak generasi muda yang kurang memahami apa itu Tangkuluak. Sebagai orang minang kabau, budaya Tangkuluak ini harus di lestarikan sebagai salah satu wadah mengenalkan potensi pariwisata dari sisi budayanya.

" Acara nya dilaksanakan tanggal 17 Desember 2018, di pantai muaro banting Nagari Pulau Karam Ampang Pulai, Kecamatan Koto XI Tarusan, " terang Mawardi.

Dikatakan nya, pada parade Tangkuluak nantinya akan di konsep sebuah skenario rapat musyawarah nagari yaitu proses makan bajambah. Berdasarkan Adat Bersandi Sarak, Sarak bersandi Kitab Bulloh. Selain, mengenalkan potensi pariwisata, perlu kita tonjolkan potensi budaya. Jadi budaya yang kita kedepankan.

Dan, untuk itu setiap nagari menampilkan Parade Tangkuluak sesuai dengan budaya yang ada di Nagarinya. Kata Nya.

" Kita harapkan ada nilai jual sekaligus memperkanalkan Budaya Minang ke luar, khususnya ke kalangan generasi muda," kata Mawardi.

Untuk itu rapat teknis kali ini cukup perlu di lakukan agar pada pelaksanaan parade Tangkuluak yang menjadi agenda di Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga bisa berjalan sukses. Kedepan, Mawardi akan melaksanakan event-event budaya dalam mempromosikan pariwisata dan budaya di Kabupaten Pessel. Akhirnya. (01)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube