Headline News

header-int

Kenapa kita harus membuat perencanan ?

Kamis, 28 Jun 2018, 08:07:19 WIB - 26 | Ir. Erizon, M.T

Siapa pun yang akan melakukan sesuatu, jika ingin memperoleh hasil yang baik dan memuaskan, harus dimulai dengan membuat dan menyusun rencana yang akan dilaksanakan. Kita tidak bisa berkehendak, seperti halnya Allah berkehendak.  Allah cukup hanya dengan “Jadi, maka jadilah”. Ketika kita menginginkan sebuah rumah contohnya. Harus dimulai dengan memperkirakan uang yang tersedia, lokasi, ukuran, bahan-bahan, ketahanan, jangka waktu siapnya. Tata ruangnya. Kamar-kamarnya. Rauang tamunya, ruang makan, taman, bahkan posisi jendela dan pintunya. Banyak lagi yang harus dipertimbangkan secara detil menurut selera si pemilik. Tidak bisa tiba-tiba saja. 

Mau ke-mana kita, dan hendak ke-mana kita. Atau ingin apa kita, untuk apa. Haruslah dimulai dari langkah-langkah awal guna menuju yang hendak kita gapai, dan memperoleh yang hendak kita inginkan. Langkah-langkah itulah, yang disebut sebagai susunan rencana, yang jika berproses akan menjadi suatu susunan ‘perencanaan’.

Perencanaan merupakan proses menetukan apa yang seharusnya dicapai, dan bagaimana caranya untuk mewujudkannya di tengah keterbatasan sumberdaya. Tanpa perencaanaan yang menyeluruh dan detil sulit untuk mencapai perubahan yang diinginkan. Perubahan yang diinginkan tersebut, tentunya memerlukan perkiraan, perhitungan, analisis, kajian lingkungan strategis, dan diskenariokan dalam bentuk plan a, plan b, dan seterusnya.

Sebelum sebuah rencana kerja disusun, maka hal yang paling utama dilakukan adalah menentukan sasaran-sasaran yang hendak dicapai. Sasaran tersebut dapat diurut menurut visi dan misi yang hendak dicapai.  

Dalam kehidupan modern, perencanaan merupakan proses terpenting dari fungsi manajemen, karena tanpa perencanaan, fungsi-sungsi lain seperti pengorganisasian, pengarahan, pengontrolan tidak akan dapat berjalan baik. Sebagian besar dari tindakan manusia didasarkan pada perencanaan, bahkan setiap tindakan manusia adalah hasil dari sebuah proses pemikiran yang komplek, yang melibatkan semua  aspek, yang bertautan dan bersamaan, dan perencanaan adalah bagian yang tak terpisahkan dari proses tersebut. Karena kehidupan dinamis, maka perencanaan juga merupakan proses yang dinamis.

Secara umum terdapat dua unsur penting dalam perencanaan, yakni hal yang ingin dicapai, dan cara untuk mencapainya. Dalam proses perencanaan, kedua unsur tersebut baik secaa eksplesit maupun implisist termuat dalam visi, misi, tujuan, sasaran, strategi, kebijakan, program, proyek, aktivitas, dan lain-lain. Perencanaan memiliki dimensi ruang dan waktu, sehingga memerlukan penjelasan mengenai fenomena di masa lalu dan yang akan datang, serta penyebarannya secara spasial.     

Oleh karen aitu, Perencanaan dimulai dengan rasional dan logika yang wajar. Mempertimbangkan keadaan ril yang ada, sasaran masa depan, visi dan misi yang sudah dirumuskan. Hakekatnya merencanakan suatu wilayah pasti ada perbedaan dengan wilayah lainnya, karena ada ruang, waktu, potensi, jarak ke suatu pusat pertumbuhan dan hinterlandnya.

Pertumbuhan tentu menjadi cita cita dari suatu perencanaan, tapi tentu saja pertumbuhan yang efisien, efektif bagi pencapaian tujuan, ada trickle down effeck, ada nilai tambah, ada manfaat untuk banyak orang. Bukan pertumbuhan untuk kelompok tertentu saja. Itulah sebabnya akhir dari pertumbuhan yang kita harapkan, adalah manfaat untuk banyak orang.

Hari ini kita harus berfikir lebih tajam lagi dalam menyusun kegiatan tahun depan, karena disamping faktor potensi wilayah juga akan ada tahun politik. Potensi wilayah hakekatnya adalah given, jadi potensi suatu kecamatan sulit kita samakan dengan kecamatan lain. Dengan demikian, kita menyusun perencanaan karena sumberdaya terbatas, ada visi yang ingin dicapai, kita membutuhkan pertumbuhan, keinginan tak terbatas, tujuan harus fokus, bermanfaat untuk banyak orang, waktu terus berjalan, lingkungan selalu berubah. Itulah sekilas, kenapa kita harus menyusun Perencanaan. Wass...

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube