Headline News

header-int

Kepala BKPSDM : Diklat Pim IV Ditingkatkan Untuk Ciptakan Aparatur Berintegritas

Jumat, 11 Jan 2019, 14:35:24 WIB - 18 | Marlison

PESISIR SELATAN, 11/1/2019- Diklat Pim IV bakal ditingkatkan untuk menciptakan aparatur yang berintegritas, melayani dan bermental positif. "Harapan lahirnya sosok aparatur yang berintegritas, melayani dan bemental positif, mendesak ditengah tuntutan perubahan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih," kata Kepala BKPSDM Pessel, Ahda Yanuar, Jumat (11/1).

Disebutkan, Diklat Pim IV yang dilaksanakan pemkab melalui Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) selama ini akan terus dimaksimalkan, sehingga mampu memberikan perubahan signifikan bagi sikap dan perilaku aparatur dimasa mendatang.

Lebih lanjut menurutnya, Diklat yang dijalani merupakan upaya pemerintah untuk membentuk pejabat atau aparatur yang berintegritas, bermental positif dan melayani. "Kini, publik makin cerdas dan butuh aparatur yang ikhlas melayani dan profesional," tukuknya.

Dikatakan, setiap ASN harus mampu memainkan peran tersebut serta mempunyai kompetensi yang diaktualisasikan melalui sikap dan prilakunya yang penuh kesetiaan dan ketaatan kepada negara, bermoral, bermental baik, profesional, sadar akan tangungjawab sebagai pelayan publik serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Menurutnya, untuk mewujudkan hal itu, maka aparatur diberikan pendidikan dan pelatihan (Diklat), salah satunya Diklat Pim Tingkat IV. Itu merupakan Diklat kepemimpinan dengan pola baru sesuai dengan peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 20 tahun 2015 tentang pedoman penyelengaraan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat IV.

"Dalam diklat ini para peserta diberikan kesempatan untuk membuat suatu proyek perubahan sesuai dengan bidang tugas mereka nantinya dan akan berguna bagi instansi mereka," ujarnya

Ia menambahkan, Diklat Pim bukan sekedar untuk memenuhi persyaratan administrasi atau formalitas belaka, namun diharapkan membawa dampak yang riil bagi peningkatan kinerja para pejabat pemerintah melalui penambahan wawasan, pengetahuan dan pembentukan sikap mental sesuai dengan tujuan dari pendidikan dan pelatihan kepemimpinan. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube